SOLOPOS.COM - Gibran dadah di samping Prabowo. (Twitter/gibran_tweet)

Solopos.com, SOLO — Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto berkunjung ke Kota Solo lagi.  Hal ini memunculkan lagi interpretasi dan persepsi kedekatan Prabowo  dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Prabowo beserta rombongan datang  ke Pura Mangkunegaran Solo, Jumat malam sekitar pukul 19.30 WIB. Mengenakan baju putih dan peci hitam, dia didampingi oleh Titiek Soeharto, KGPAA Mangkunegara X, Nicholas Saputra, dan Happy Salma.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Prabowo sempat berbincang dengan pelaku UMKM di Pasar Kangen. Dia kemudian nampak membeli mendoan di salah satu stan.

Tidak hanya itu, eks menantu Presiden ke-2 Soeharto itu bergeser ke stan lain yang menjajal minuman Kopi House Blend. Mengaku menyukai sajian di beberapa stan yang dia kunjungi, Prabowo menyebut acara semacam ini punya prospek baik untuk ekonomi.

“Ini sangat baik ya, untuk mendorong ekonomi. Ini sangat bagus,” kata dia kepada wartawan di sela-sela kunjungan.

Pasar Kangen merupakan bagian dari serangkaian kegiatan budaya Satu Dalam Cita di Kota Solo. Acara tersebut digelar gratis dan dibuka untuk umum selama tiga hari penuh di Pamedan Pura Mangkunegaran, Jumat-Minggu (23-25/6/2023).

Pasar Kangen adalah acara tahunan yang digelar di Yogyakarta sejak 2007. Pasar ini mempertemukan tradisi, kuliner, kesenian, dan kreativitas dalam kemasan khas tempo dulu yang bisa dinikmati seluruh kalangan masyarakat. Kini, Pasar Kangen bisa dinikmati oleh masyarakat Kota Bengawan dan diikuti oleh sekitar 60 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Solo dan sekitarnya.

Selain ke Pura Mangkunegaran Solo, calon presiden (Capres) Partai Gerindra tersebut juga menghadiri puncak acara Harlah ke-63 PMII di Beteng Vastenburg Solo, Jumat (23/6/2023) malam. Pada kesempatan itu, Prabowo mengenalkan Gibran sebagai sosok pemimpin masa depan Indonesia.

Momen itu bisa dibilang mendadak atau tiba-tiba. Sebab hal itu dilakukan Prabowo seusai menutup pidatonya dan telah berpamitan kepada 20.000 an kader PMII yang memenuhi Beteng Vastenburg. Namun ternyata sambutan luar biasa diberikan ribuan orang tersebut.

Mereka memberikan tepuk tangan kepada Prabowo dan Gibran. “Ini adalah Mas Gibran, pemimpin hari ini dan pemimpin masa depan, setuju? Semua sejarah besar dibuat oleh anak-anak muda. Anak muda jangan ragu-ragu untuk tampil,” ungkap Prabowo lugas.

Seusai menyampaikan hal itu Prabowo menyalami para tokoh yang hadir dalam acara tersebut. Tidak lama kemudian dia pun berpamitan. Sedangkan dalam sambutannya, Prabowo menekankan pentingnya anak muda untuk berpartisipasi membangun negeri.

Dia juga mengarisbawahi Indonesia saat ini banyak mendapatkan pujian dari negara-negara maju atas keberhasilan pembangunan dan menjaga stabilitas ekonomi. Bahkan Indonesia diprediksi sejumlah pihak akan menjadi kekuatan baru negara-negara dunia.

Untuk itu Prabowo mengajak anak muda untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, sebagai modal penting membangun negeri. Dia juga menyerukan segenap elemen bangsa agar menjaga persatuan dan kesatuan agar stabilitas bangsa tetap terjaga.

Sedangkan Gibran Rakabuming Raka saat dimintai tanggapan terkait pernyataan Prabowo yang menyebutnya sebagai pemimpin masa depan, memilih merendah. Dia mengaku hanya lah anak baru yang masih harus banyak belajar dari para senior dan mentor.

“Ah enggak lah, saya anak baru ya, masih harus banyak belajar,” aku dia.

Sambutan Relawan

Sebelumnya, ratusan relawan Jokowi dan Gibran menyambut kedatangan Prabowo Subianto di Bandara Adisoemarmo, Jumat (23/6/2023) sore.

Para relawan Jokowi dan Gibran itu juga sempat meminta berfoto bersama Capres dari Partai Gerindra tersebut. Menanggapi relawan Jokowi dan Gibran bertemu Prabowo, Wali Kota Gibran Rakabuming Raka menyatakan dirinya tidak mengarahkan apa-apa dengan kedatangan relawan.

“Aku tidak ngerahke apa-apa. Aku ra mudeng, Takonono relawan [Aku tidak mengerahkan. Aku tidak tahu. Tanya saja relawan]. Saya hanya menyambut Pak Prabowo dan menghadiri acara PMII,” ujar dia kepada wartawan, Jumat (23/6/2023) malam.

Gibran menyatakan relawan berinisiatif bertemu dengan Prabowo. Menurut dia, silaturahmi boleh kepada siapa saja. Dirinya juga tidak khawatir dengan sanksi dari PDIP terkait pertemuan dengan Prabowo.

“Silaturahmi kan boleh dengan siapa saja, tidak perlu khawatir,” papar dia.

Para relawan Jokowi dan Gibran kompak menyambut Prabowo mengenakan seragam kaus bertuliskan “Bolone Mase” di bagian depan, dan bertuliskan “Relawan Jokowi Swa Praja” di bagian belakang kaus yang berwarna dasar putih bertemu dan berfoto bersama seusai Prabowo mendarat di Bandara Adisoemarmo.

Di sisi lain, Gibran lantas mengunggah foto bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ketika menghadiri puncak acara Harlah ke-63 PMII di Benteng Vastenburg, Solo, Jawa Tengah, Jumat (23/6/2023) malam.

Dalam foto yang diunggah di akun Twitter resmi Gibran tersebut, terlihat ayah Jan Ethes itu duduk di samping Prabowo. Putra sulung Presiden Jokowi tersebut tampak melambaikan tangan ke depan, seperti dadah. Sementara itu, Prabowo Subianto bertepuk tangan.

“Dadah,” tulis Gibran pada Jumat (23/6/2023).



Foto Gibran dengan tangan dadah di samping Prabowo Subianto itu menimbulkan multitafsir di kalangan netizen. Ada yang mempertanyakan ekspresi Gibran tersebut. Berikut ini beberapa pendapat netizen terkait ekspresi orang nomor satu di Solo itu.

“Mau kemana sih mas wali dadah2?” tanya pengelola akun Twiter @Trans7.

“Selamat tinggal partai pemaksaan, dadah,” kata pengguna akun Twitter @pierreicon.

“Dadah dadah Aku sesuk ngadep pk sekjen ning Diponegoro,” tambah pengguna akun Twitter @ghedebuscroot.

Bahkan, ada pula netizen yang bertanya-tanya terkait foto tersebut apakah Gibran bakal menjadi cawapres Prabowo. “Bakale cawapres pak prabowo?” tanya pengguna akun Twitter @andriansetiaa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya