SOLOPOS.COM - Menhan Prabowo Subianto memberikan keterangan kepada wartawan seusai jamuan makan malam bersama Wali Kota Gibran Rakabuming Raka di Loji Gandrung, Selasa (24/1/2023). (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, mengakhiri lawatannya di Kota Solo dengan menghadiri jamuan makan malam oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, di Loji Gandrung Solo, Selasa (24/1/2023).

Pantauan Solopos.com, Ketua Umum Partai Gerindra itu tampil bugar mengenakan kemeja biru lengan pendek. Sedangkan Gibran mengenakan kemeja putih lengan panjang, dengan bagian lengan yang sedikit dilempit.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dia ditemani istri, Selvi Ananda, dan dua anaknya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah. Prabowo tiba di Loji Gandrung sekira pukul 19.29 WIB disambut Gibran. Mereka langsung menuju ruang perjamuan.

Pertemuan itu tertutup bagi awak media yang hanya bisa menunggu di teras Loji Gandrung. Sekira pukul 20.43 WIB mereka keluar dan menyapa awak media. Prabowo mengaku senang diundang Gibran makan malam.

“Ya saya kira ini saya sowan, saya diundang makan oleh Mas Wali Kota. Jadi ya tidak ada yang terlalu serius begitu, karena ini saya kali pertama selama jadi WNI bisa masuk ke Loji Gandrung yang dibangun 1830,” ujar dia.

Prabowo menyebut kunjungannya malam itu di Loji Gandrung menjadi pengalaman sejarah yang luar biasa. Terlebih dia berkesempatan untuk masuk ke Ruang atau Kamar Bung Karno yang ada di Loji Gandrung Solo.

Disinggung kesannya berkeliling Solo hari itu, Prabowo tidak sungkan memuji perkembangan pesat kota ini beberapa waktu terakhir. Selain bersih, tertib, dia merasakan perkembangan Solo dinamis dengan banyak pembangunan.

“Ya saya sangat terkesan ya, saya lihat perkembangannya luar biasa, bersih, tertib dan penuh ada perasaan apa ya, dinamis. Saya lihat banyak pembangunan, banyak kemajuan,” kata dia. Hari itu Prabowo berkeliling Solo.

Dia mengawali lawatan di Solo dengan menyerakan 25 sepeda motor operasional Babinsa di Makoramil 03/Serengan. Setelah itu dia melanjutkan kegiatannya di Batik Danar Hadi, Pura Mangkunegaran, dan Solo Safari.

Selama kunjungan itu Prabowo didampingi oleh Gibran. Walau pun berbeda generasi, hubungan mereka tampak hangat dan cair. Sementara Gibran mengungkapkan sejumlah menu yang disajikan untuk Prabowo di Loji Gandrung.

Dari sederet menu yang disuguhkan, menurut dia, tidak ada tengkleng yang menjadi kuliner khas Solo. “Mi rebus, bistik lidah, ronde. Menune podo kok, ndadak ditakoke. [Tengkleng] Tidak ada. Khusus hari ini tidak ada,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya