SOLOPOS.COM - Bupati Sukoharjo Etik Suryani berfoto bersama para atlet pelajar saat pelepasan untuk bertarung di ajang Popda Jateng 2023 di Pendapa Graha Satya Praja pada Selasa (2/6/2023). (Istimewa/Pemkab Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Atlet pelajar asal Sukoharjo memboyong 23 medali saat berlaga dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah atau Popda Tingkat Provinsi Jateng 2023. Jumlah medali yang diraih para atlet tersebut lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Raihan medali tersebut sekaligus mengerek peringkat Kabupaten Sukoharjo yang kini masuk 10 besar dari 35 kabupaten/kota peserta Popda. Pada Popda 2022 lalu Sukoharjo menduduki peringkat ke-12.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Sukoharjo, Setyo Aji Nugroho, menyebut ada 77 atlet dan 20 ofisial yang dikirim dari Kabupaten Makmur dalam ajang tersebut. Popda Jateng dibagi dalam dua tahap.

“Tahap pertama pada 20-23 Juni untuk tujuh cabang olahraga [cabor], Sukoharjo memberangkatkan 32 atlet dan 13 ofisial. Tahap II pada 25-28 Juni 2023 untuk delapan cabor, dan Sukoharjo memberangkatkan 44 atlet dan delapan ofisial atau pelatih,” ujar Aji saat diwawancarai Solopos.com, Kamis (29/6/2023).

Dari total atlet pelajar yang berlaga di ajang Popda Jateng 2023, Sukoharjo meraih total 23 medali dengan perincian, tujuh medali emas, delapan medali perak, dan delapan medali perunggu. Medali emas diraih atlet dari cabor renang bernama Muhammad Laguna Aryanta dan Christabelle Angelina Susanto.

Kemudian pada cabor angkat besi medali emas diraih Danang Dwi Saputro. Pada cabor taekwondo medali emas diraih Anjang Sari Bunga Kusumaningrum. Aldo Nugroho Dolongsda juga turut menyumbang medali emas dalam cabor tinju.

Sementara cabor tenis lapangan medali emas diraih oleh Muhammad Akmal dan Lailatul Fajria. Total medali yang dibawa pulang atlet pelajar Sukoharjo pada Popda Jateng 2023 ini meningkat 65% dibanding perolehan pada Popda 2022 lalu.

Tahun lalu Sukoharjo berhasil membawa pulang 15 medali dengan perincian tujuh medali emas, dua medali perak, dan enam medali perunggu.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat pelepasan atlet di Pendapa Graha Satya Praja, Selasa (2/6/2023) lalu, mengungkapkan Popda Jateng merupakan ajang yang cocok untuk meningkatkan motivasi atlet-atlet muda dari berbagai cabang, untuk meraih prestasi.

“Pemkab Sukoharjo berharap akan terus mengadakan kegiatan pembibitan dan pembinaan, sehingga atlet di Kabupaten Sukoharjo akan terus bergenerasi dan tetap hidup,” ujarnya.

Bupati juga meminta kepada pelatih untuk terus membimbing para atlet, agar menjadi atlet berprestasi yang akan mengharumkan nama Kabupaten Sukoharjo.

Ia berharap setelah ini atlet Sukoharjo, dapat masuk ke dalam Tim Provinsi Jawa Tengah untuk melaju mewakili kontingen Provinsi Jawa Tengah ke Popnas, dan menjadi Atlet Nasional di masa mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya