SOLOPOS.COM - Suasana Perpustakaan Umum Daerah Sragen pada Kamis (21/7/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SRAGEN — Perpustakaan Daerah Sragen kembali bergeliat setelah sempat ditutup selama pandemi Covid-19. Kunjungan warga ke Perpustakaan Daerah (Perpusda) Sragen terus meningkat.

Sepanjang Juni 2022 lalu, tercatat ada  3.271 pengunjung yang datang. Sementara jumlah anggota perpustakaan per Juni 2022 mencapai 18.667 orang. Terjadi penambahan 59 anggota di Juni lalu.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Keterangan tersebut disampaikan Penanggung Jawab Digital iSragen Dinas Arsip dan Perpustakaan Sragen, Wahyu Nugroho Wicaksono, saat ditemui Solopos.com di kantornya pada Kamis (21/7/2022). “Rata-rata ada 100 pengunjung per hari,” ujarnya.

Keanggotaan perpusda sementara ini dikhususkan bagi warga Sragen. Anggota diperbolehkan meminjam dua buku sekali pinjam dengan durasi tujuh hari. Per Juni 2022 lalu ada 557 buku yang dipinjam.

Salah seorang pengunjung Perpusda Sragen, M. Ningsih, mengaku datang untuk mencari buku anak-anak. Anaknya yang masih masa pertumbuhan senang mendengarkan cerita. Oleh karenanya ia mencari buku yang bisa menjadi sumber cerita yang akan ia sampaikan kepada si buah hati.

Baca Juga: Perpustakaan Umum Sragen Kini Buka Sampai Jam 8 Malam Lur

“Bisa pinjam buku cerita dan bawa pulang, ”kata warga Karangtengah, Sragen, itu.

Pengunjung lainnya asal Masaran, Sragen, Muhammad Maulana, mengaku sepekan bisa tiga kali datang ke perpustakaan umum. Mahasiswa semester VI UIN Walisongo Semarang ini mengatakan keberadaan Perpusataan Umum Sragen sangat membantunya mencari sumber referensi untuk kuliahnya. Ia berminat pada buku-buku sastra, sejarah, filsafat dan lainnya. 

Sementara Muhammad Alfario, warga Tangkil, Sragen, mengaku baru dua kali mengunjungi perpustakaan setelah pandemi. “Di sini buat belajar enak karena cukup nyaman. Belajar buat UTBK tahun depan,” ujarnya.

Dilansir dari Instagram resmi @disarpus_sragen, Perpusda Sragen buka tiap hari dalam sepekan atau tanpa libur. Pada Senin-Kamis perpustakaan beroperasi hingga pukul 20.00 WIB. Sedangkan Jumat buka hingga pukul 17.00 WIB.

Baca Juga: Ada 2.600 Judu Buku Baru Lho di Perpustakaan Sragen

Perpustakaan di Sragen tidak hanya Perpustakaan Umum. Ada juga Perpustakaan Taman Sukowati Sragen, dan perpustakaan di tingkat kecamatan seperti di Gondang, Gemolong, dan Jenar. Ada juga perpustakaan keliling.

Pada 2021, Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Sragen menambah koleksi 2.600 judul buku sebanyak 2.866 eksemplar. Jumlah koleksi buku Perpustakaan Kabupaten Sragen kini sebanyak 44.254 judul dan 61.167 eksemplar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya