SOLOPOS.COM - Warga mengunjungi Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Minggu (18/6/2023). (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO–Sejumlah masjid besar di Solo telah menyiapkan rangkaian agenda Ramadan 1445 H / 2024 M mendatang, Beberapa masjid itu, antara lain Masjid Agung Solo dan Masjid Jami Assegaf.

Sekretaris Takmir Masjid Agung Solo, Abdul Basid Rochmad, menyatakan pihaknya telah menyiapkan rangkaian agenda untuk Ramadan 1445 H. Sementara untuk penentuan awal Ramadan, Masjid Agung Solo menunggu pengumuman resmi dari Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pengurus Masjid Agung Solo akan mengadakan buka puasa sebanyak 400 porsi tiap harinya dengan menu bervariasi. Menu tersebut disediakan oleh UMKM jemaah Masjid Agung. Basid mengatakan penyediaan menu oleh UMKM bertujuan memberdayakan mereka.

Sebelum buka puasa, jemaah bisa mengikuti kuliah menjelang buka puasa mulai pukul 16.30 WIB dengan materi tafsir Al-Qur’an, tasawuf, akhlak, fikih puasa dan akidah.

Salat tarawih 11 rakaat dilanjut 23 rakaat diikuti kultum tarawih, tadarus Al-Qur’an dengan jadwal khataman Al-Qur’an 25 Ramadan, dan santunan kepada 300 fakir miskin pada 1 April 2024. Sementara salat lail dan sahur bersama akan diadakan mulai 20 hingga 29 Ramadan.

“Khusus sahur, menu yang fresh dimasak pas menjelang sahur di Masjid Agung. Berbuka dan sahur tidak dipungut biaya,” kata dia ketika dihubungi Solopos.com, Selasa (27/2/2024), .

Selain itu, Masjid Jami Assegaf (MJA) juga telah menyiapkan rangkaian agenda selama Ramadan mendatang. Di antaranya, Tafsir Al-Qur’an yang akan dilaksanakan setiap hari kecuali Jumat pada pukul 12.00 WIB.

Rauhah sore pukul 16.15 WIB dilanjutkan dengan kultum menjelang buka puasa pukul 17.30 WIB. Pengurus MJA juga akan menyediakan takjil dan nasi kotak sebanyak kurang lebih 700 porsi setiap harinya.

“Akan ada takjil berupa air, kurma, dan kopi rempah yang akan dibagikan sebelum salat Magrib berjemaah. Setelah itu, baru disediakan nasi kotak bagi jemaah,” kata Pelaksana Harian Bidang Dakwah dan Pendidikan Yayasan MJA, Ridho Wicaksono, melalui pesan Whatsapp, Selasa (27/2/2024).

Kegiatan lainnya di MJA selama Ramadan adalah ngaji Ramadan setiap hari pukul 22.00 WIB, zikir dan muhasabah tiap Kamis malam pukul 23.30 WIB, salat lail setiap hari pukul 02.00 WIB, serta sahur bersama pada 10 hari terakhir Ramadan. Adapun khataman Al-Qur’an pada malam 21 Ramadan.

Sementara Masjid Sheikh Zayed masih membahas agenda Ramadan. Hal itu dikonfirmasi oleh Direktur Operasional Masjid Sheikh Zayed, Munajat. Ia mengatakan rangkaian agenda Masjid Sheikh Zayed pada Ramadan kali ini akan berbeda dengan Ramadan tahun lalu.

“Ada banyak [agenda] tapi masih dibahas,” kata Munajat melalui pesan Whatsapp, Selasa.

Pelaksana harian Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Yunus, mengatakan pengurus masjid baru akan membahas agenda Ramadan pada Sabtu mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya