SOLOPOS.COM - Menko Kesra Agung Laksono (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Menko Kesra Agung Laksono (JIBI/SOLOPOS/Antara)

SUKOHARJO-Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Agung Laksono mengimbau perusahaan memberi tunjangan hari raya (THR) kepada karyawan masing-masing tepat waktu.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Pada Hari Raya Idul Fitri karyawan kan juga ingin merayakan kemenangannya setelah mereka menjalani puasa sebulan penuh,” ujar Agung saat berkunjungan di PT Sritex Sukoharjo, Jateng, Kamis (2/8/2012) malam.

Namun dia percaya perusahaan sekelas PT Sritex yang bergerak di bidang garmen ekspor dengan ribuan karyawan, akan menjamin kesejahteraan karyawannya. Apalagi saat ini Sritex sudah mengekspor pakaian militer ke-29 negara dan produk garmennya telah merambah 40 negara, sehingga diharapkan berimbas positif ke karyawan.

Sementara itu pabrik tekstil PT Sri Rejeki Isman (Sritex), Sukoharjo mengeluarkan dana Rp26 miliar.

Saat berdialog dengan ratusan karyawan PT Sritex, Agung menjelaskan sektor industri, seperti PT Sritex dianggap memunyai andil besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional. “Sektor Industri itu menyumbang pertumbuhan ekonomi nasional hingga sekitar 30 persen, baik yang berorientasi domestik maupun ekspor,” ungkap dia.

Pada acara tersebut Agung selaku Menko Kesra antara lain juga memberi bantuan langsung kepada masyarakat/ Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), bantuan pendidikan, bantuan kepada Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (KPPKB) Sukoharjo serta bantuan alat olahraga kepada PT Sritex.

Jenis bantuan tersebut antara lain bantuan pendidikan dari Kemenag kepada Kantor Kemenag Kota Surakarta Rp207,08 miliar; bantuan dari Kemendiknas kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Surakarta Rp.99,8 miliar untuk pendidikan dasar Rp154,7 miliar dan sedbagainya.

Kepada masyarakat Sukoharjo Menko Kesra menyerahkan bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) yang diterima Wakil Bupati Sukoharjo, Haryanto senilai Rp19,7 miliar dan kepada Kepala KPPKB Sukoharjo, Sutarmo, Agung menyerahkan bantuan uang dari BKKBN senilai Rp2.2 miliar untuk pembangunan gedung penyuluh KB di lima kecamatan dan alat-alat kontrasepsi.

“Menko Kesra juga memberikan bantuan 15 unit komputer untuk 15 badan layanan masyarakat (BLM) berprestasi, 100 paket sembako untuk anak yatim dan sebagainya,” terang Manajer Humas PT Sritex, Sukoharjo, Evi Febriana.

Sementara itu Presiden Direktur PT Sritex, Sukoharjo, Iwan Setiawan menjelaskan perusahaannya kini memiliki 26.000 karyawan. Kendati demikian pihaknya tetap mengutamakan perlindungan dan kejahteraan karyawan.

Karena itu pada Lebaran tahun 2012 ini pihaknya juga memperhatikan tunjangan hari raya (THR). “THR sudah kami berikan kepada karyawan langsung masuk rekening masing-masing sejak Juli hingga 10 hari sebelum Lebaran mendatang. Mereka mendapat THR satu kali gaji,” katanya sambil menambahkan guna membayar THR ,perusahaannya harus mengeluarkan dana kira-kira Rp26 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya