SOLOPOS.COM - Menpora Dito Ariotedjo (rompi merah) saat membuka Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia atau Kreativesia di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/8/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo membuka Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia atau Kreativesia di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/8/2023).

Menpora Dito berharap ajang ini bisa jadi kolaborasi sesama komunitas untuk menghasilkan karya dan gagasan inovatif.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia merupakan upaya kita bersama untuk memberikan penghargaan kepada individu, komunitas, dan lembaga yang telah berdedikasi menghasilkan karya-karya kreatif dan gagasan inovatif yang luar biasa,” kata Menpora Dito dalam sambutannya.

Menpora mengatakan, selain merayakan kreativitas, dia ingin berbagai komunitas saling berkolaborasi dikesempatan ini. Kreativesia merupakan ajang pertemuan konunitas yang berbasis hobi, isu, profesi, minat, hingga bakat. Konsepnya adalah mendidik dan menghibur.

“Saya lihat ini banyak komunitas. Ada komunitas disabilitas, sepeda bmx, musik, film, hingga kuliner. Saya senang melihat semuanya itu pada guyub,” ujar Ditor dalam keterangan tertulis.

Lebih lanjut, Menpora menyampaikan alasan dipilihnya Solo menjadi tuan rumah Krrativesia. Menurutnya Solo merupakan kota yang akan mewakili Indonesia di seleksi jejaring kota kreatif United Nations Educational Scientific And Cultural Organization (UNESCO).

“Pura Mangkunegaran Solo mempunyai peran penting atas terpilihnya Kota Solo sebagai calon nominasi anggota UNESCO Creative Cities Network [UCCN] atau Jejaring Kota Kreatif periode 2023,” jelas Dito.

“Maka dari itu, saya berharap acara kreativasia ini bisa menjadi pondasi agar kota Solo terpilih menjadi Jejaring Creative Cities Network oleh UNESCO. Didalam kategori kerajinan dan kesenian rakyat. Saya senang kegiatan ini dapat memperkuat gotong royong antara para pelaku industri kreatif, komunitas, akademisi, private sektor dan pemerintah,” tambahnya.

Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia atau Kreativesia ini digelar pada 25-27 Agustus 2023. Acara dimeriahkan oleh berbagai penampilan komunitas misalnya musik, talkshow, hingga festival makanan.

Ikut hadir dalam kesempatan ini Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan sejumlah pejabat lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya