SOLOPOS.COM - Menteri Perdagangan yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, seusai bersilaturahmi dengan pengurus pusat Majelis Tafsir Al-Qur'an (MTA) di Solo, Rabu (12/7/2023). (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, melakukan pertemuan tertutup dengan pengurus pusat Majelis Tafsir Al-Qur’an (MTA) di Solo, Rabu (12/7/2023).

Pantauan Solopos.com pertemuan berlangsung sekira satu jam, mulai pukul 10.50 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Sekretaris Pusat MTA, Sunarno, saat diwawancara mengatakan pertemuan dengan Zulkifli Hasan (Zulhas) diikuti oleh jajaran pengurus pusat Yayasan MTA.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Tadi lengkap dari kami. Yang tidak ada Pak Ketua Umum [Mugijatna], karena sedang ibadah haji. Kalau pembina yayasan, ketua-ketua bidang, sekretaris, bendahara dan pengawas, ada semua. Kedatangan Pak Zulhas dalam rangka silaturahmi,” ujar dia.

Menurut Sunarno, Zulhas yang menyampaikan sejumlah program dari kementeriannya yang sekiranya dapat dikerjasamakan dengan MTA. Seperti program pembinaan dan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bagi warga MTA.

“Intinya itu. Kemudian barangkali perlu penguatan sumber daya manusia, lalu bantuan kepada warung-warung yang barangkali bisa dibantu kalau memang perlu bantuan. Khususnya para pelaku UMKM dan pemilik warung dari warga MTA,” terang dia.

Mengenai tawaran dari Mendag, menurut Sunarno, akan ditindaklanjuti oleh ketua bidang ekonomi Yayasan MTA. “Barangkali ada program yang nanti bisa dikerjasamakan. Yang lebih penting tadi penguatan skill untuk menjadi pelaku-pelaku UMKM,” urai dia.

Menurut Sunarno, banyak anggota MTA yang merupakan pelaku UMKM termasuk pemilik warung. Mereka tersebar di berbagai daerah di Tanah Air. “Ya banyak kan dari berbagai daerah, di pedesaan-pedesaan, yang bergerak di berbagai bidang,” imbuh dia.

Mendag juga menawarkan bantuan fasilitasi bagi warga MTA yang mempunyai usaha ekspor impor. Ditanya apakah Zulhas sempat menyinggung agenda Pemilu 2024, Sunarno mengiyakan. Menurut dia, Zulhas sempat menyebut tiga Bakal Capres Pemilu 2024.

Tapi, Zulhas tak membahas banyak tentang politik. “Hanya menyampaikan calon-calon presidennya yang sudah muncul di permukaan ada tiga. Ada Pak Ganjar, Pak Prabowo, Pak Anies. Saat ini masing-masing barangkali masih menyiapkan calonnya,” tutur dia.

Sedangkan disinggung apakah Zulhas meminta restu atau dukungan di Pemilu 2024, Sunarno menyatakan pertemuan siang itu tidak banyak membahas politik. “Pak Zulhas lebih banyak menyampaikan program-program Kemendag,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya