SOLOPOS.COM - Kondisi Koridor Pasar Gede Ketandan di Jl RE Martadinata yang hampir rampung dibangun Solo, Jumat (13/10/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Penataan Koridor Pasar Gede Ketandan di Jl RE Martadinata, Solo, ditarget rampung November 2023. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut konsep penataan itu mirip dengan koridor Gatot Subroto untuk menghidupkan kawasan.

Berdasarkan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Solo yang diakses Solopos.com, Jumat (13/10/2023), latar belakang penataan Koridor Pasar Gede Ketandan, yakni Solo sebagai salah satu kota besar yang berkembang perekonomian dan jumlah penduduknya. Untuk mendukung perkembangan kota, dibutuhkan infrastruktur fisik dan nonfisik.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Infrastruktur fisik meliputi sarana dan prasarana, tata guna, dan desain. Sementara nonfisik meliputi hubungan sosial, aktivitas perekonomian, dan lain-lain. Jalur pedestrian merupakan sarana penting bagi masyarakat untuk melakukan kegiatannya.

Jalur pedestrian mempertimbangkan karakteristik pejalan kaki agar melakukan perjalanan yang aman, nyaman, dan lancar. Nilai pagu paket pengadaan belanja jasa konstruksi Penataan Koridor Pasar Gede Ketandan senilai Rp3.562.379.000. 

CV Indah Harum Const beralamat Jl Bali. No 30, Kampung Baru, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo menjadi pemenang lelang. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo melalui akun Instagramnya @dpupr_surakarta menjelaskan tahapan pembangunan sampai pada pengecoran lantai trotoar, pemasangan granit, dan pemasangan ornamen kanopi.

Berbeda dengan Koridor Gatsu yang memakai warna khas Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Ornamen Koridor Pasar Gede Ketandan berkelir merah menyesuaikan warna Klenteng Tien Kok Sie, antara lain warna dominan merah.  

Kepala Dinas DPUPR Kota Solo Nur Basuki, menjelaskan penataan Koridor Pasar Gede Ketandan untuk menghidupkan potensi yang sudah ada di kawasan tersebut. Progres pembangunan sudah mencapai sekitar 60%.

“Kami menyediakan fasilitas dan warga boleh memanfaatkan Koridor Pasar Gede Ketandan seperti koridor Gatot Subroto dan Ngarsapura. Koridor untuk pejalan kaki, setelah event harus bersih kembali,” papar dia.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan Penataan Koridor Pasar Gede Ketandan konsepnya mirip dengan penataan Koridor Gatot Subroto, Solo. Pembangunan itu ditarget rampung November 2023.

“Letter L sampai lampu merah belok kanan. Ditunggu saja, sudah mau selesai, mau finishing,” jelas Gibran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya