SOLOPOS.COM - Ribuan warga Majlis Tafsir Al Quran (MTA) melakukan Salai Ied di Stadion Manahan, Solo Jumat (26/10/2-12). Warga MTA tersebut datang dari berbagai daerah di kawasan Soloraya. (Foto: JIBI/SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu)

Solopos.com, SOLO– Yayasan Majlis Tafsir Al-Qur’an (MTA) berencana menggelar salat Iduladha di fasilitas parkir Stadion Manahan, Solo, Minggu (16/6/2024) pagi. Pimpinan Pusat MTA, Ustaz Nur Kholid Syaifullah dijadwalkan bertugas menjadi imam/khatib.

Ketua Panitia Pelaksana Salat Iduladha MTA Ustaz Suprapto, menjelaskan MTA menjalankan salat Iduladha seperti biasanya. MTA telah memastikan pengumuman Kerajaan Arab Saudi terkait wukuf, Sabtu (15/6/2024).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Arab Saudi ada Wukuf, kami puasa arafah. Kemudian besoknya kami melaksanakan Iduladha. Kami sudah memastikan pengumuman dari Kerajaan Arab Saudi wukuf itu Sabtu. Hari Ahad Iduladha,” jelas dia, Rabu (12/6/2024) malam.

Dia mengatakan panitia akan menyiapkan tepat untuk 15.000 sampai 20.000 jemaah. Kemudian panitia menyiapkan pelebaran untuk tambahan 5.000 orang hingga 6.000 orang.

“Kami sudah rapat koordinasi untuk persiapan,panitia ada lebih dari 22 seksi lebih dengan jumlah 1.800 panitia. Insya Allah mulai Sabtu pagi mulai kebersihan, pemasangan sound system, kami berharap semua berjalan baik,” ungkap dia.

Menurut Ustaz Suprapto, Pimpinan Pusat MTA, Ustaz Nur Kholid Syaifullah akan bertugas menjadi khatib/imam pada salat Iduladha 1445 Hijriyah. Salat Iduladha dilakukan lebih pagi pukul 06.00 WIB karena ada kegiatan penyembelihan hewan kurban di tujuh lokasi.

Dia mengatakan panitia dibantu 550 juru parkir dan 750 orang satgas MTA untuk membantu melayani jemaah atau tamu. Fasilitas parkir roda dua bisa menggunakan area utara Velodrome, roda empat bisa menggunakan di fasilitas parkir Dinas Kepemudaan dan Olah Raga kota Solo.

“Kami juga mengajukan izin ke beberapa instansi, sebagai contoh Dinas Perhubungan Kota Solo, SD Kristen Kalam Kudus Solo. Semoga bisa berjalan dengan baik,” papar dia.

Dia mengimbau jemaah untuk mempersiapkan kendaraan dengan baik atau apabila menyewa memastikan kendaraannya dalam kondisi baik. Ketua rombongan waspada supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat Iduladha.

Sementara itu, Pemkot Solo akan mengadakan salat Iduladha di Masjid Baitul Hikmah Balai Kota Solo, Senin (12/6/2024). Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, dan Timnas Indonesia U-16 dijadwalkan mengikuti salat Iduladha di Balai Kota Solo

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Kota Solo, Samsu Tri Wahyudin, mengatakan telah mengundang Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Solo untuk salat Iduladha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya