SOLOPOS.COM - Pesta kembang api pada puncak Karnaval Pawai Pembangunan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Balai Kota Solo, Jumat (18/8/2023). (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO–Atraksi kembang api sekitar 12 menit menyemarakkan Karnaval Pawai Pembangunan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Balai Kota Solo, Jumat (18/8/2023).

Kembang api yang dinyalakan pukul 19.30 WIB menghiasi langit malam. Atraksi itu berhasil memukau ribuan warga Kota Solo maupun warga luar kota yang menyaksikan Karnaval Pawai Pembangunan yang mengusung tema 17 Titik Prioritas Kota Solo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Warga yang antusias sudah datang sejak sore. Mereka duduk menyemut di sekitar halaman Balai Kota Solo begitu peserta pawai selesai melakukan perjalanan dari simpang Gendengan, Solo.

Mayoritas warga merekam kembang api menggunakan kamera ponsel masing-masing. Kembang api tersebut dinyalakan secara jarak jauh menggunakan mesin khusus. Kembang api itu selesai dinyalakan sekitar 19.42 WIB.

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Solo, dan warga sempat menari bersama begitu pesta kembang api selesai. Penyelenggara memutar lagu Rungkad.

Warga Mojosongo, Jebres, Solo, Alfia Yogi Destyana, 18, tiba di Balai Kota Solo bersama dua orang temannya,  Assyifa Kori, 18, dan Wynnesi Ega Carissa, 19, sejak pukul 16.30 WIB. Menurut dia, pesta kembang api itu keren untuk menutup pawai.

“Saya baru kali ini menonton pawai. Saya datang karena penasaran yang kemarin-kemarin bagus. Saya datang dan ternyata bagus banget,” jelasnya.

Senada dengan Alfia, menurut Assyifa, kembang api maupun Karnaval Pawai Pembangunan menarik. Dia kerap menyaksikan event di Kota Solo. Dia berharap kembang api bisa menjadi atraksi rutin untuk peringatan HUT Kemerdekaan RI.

“Kembang api ditambah lagi supaya lebih meriah ya,” ujarnya. Wakil Ketua Umum Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) Sumartono Hadinoto menjelaskan PMS mendukung peringatan HUT Kemerdekaan RI.

“Kami terus menjaga kemerdekaan karena tahun depan adalah tahun politik semoga dengan menjaga ini pesta demokrasi bisa dengan aman, semua saling menjaga, membawa indonesia lebih maju,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya