SOLOPOS.COM - Rombongan membawa sesaji dan kepala kerbau untuk dilarung di kawasan puncak Gunung Merapi dalam rangka Sedekah Gunung memperingati malam 1 Sura, Jumat (24/10/2014) malam. (Irawan Sapto Adi/JIBI/Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI – Agenda rutin perayaan malam satu Muharam atau malam satu sura berupa Sedekah Gunung Merapi siap digelar secara meriah, Jumat (29/7/2022) malam di Joglo Mandala, Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali.

Ini merupakan agenda besar pertama mereka setelah sebelumnya dua tahun diadakan secara sederhana dan terbatas.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kepala Desa Lencoh, Sutarno, Selasa (26/7/2022) menjelaskan agenda rutin yang diadakan oleh warga Desa Lencoh tersebut digelar lebih meriah pada tahun ini.

“Sebelumnya, pesertanya hanya 40 orang di balai desa, tidak melibatkan banyak massa. Tahun ini akan digelar lebih meriah dengan mengadakan pentas campursari, gambyong, dan lainnya,” kata Sutarno saat ditemui Solopos.com di Kantor Desa Lencoh, Selasa.

Baca juga: WISATA MAGELANG : Sedekah Gunung, Begini Cara Seniman Peringati Letusan Merapi

Sumber anggaran untuk acara Sedekah Gunung Merapi mendatang diambilkan dari dana APBDes sekitar Rp12 juta. Ditambah swadaya dari masyarakat.

“Sudah semenjak Covid-19, Acara Sedekah Gunung Merapi tidak mendapat dana dari pemerintah, baik dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata ataupun Dinas Kebudayaan,” keluh Sutarno.

Sutarno menambahkan, Sedekah Gunung Merapi nanti setidaknya mengundang 200 tokoh masyarakat dengan dihadiri oleh warga sekitar.

Acara Sedekah Gunung Merapi besok juga akan dihadiri langsung oleh Camat Selo.

“Acara Sedekah Gunung Merapi menjadi agenda rutin masyarakat desa kami, besok saya juga turut hadir diacara tersebut,” kata Camat Selo, Cahyo, saat ditemui Solopos.com di Kantor Kecamatan Selo, Selasa (26/7/2022).

Baca juga: BUDAYA TRADISIONAL BOYOLALI : Hari Ini, Sedekah Gunung di Pasar Bubrah Merapi

Cahyo mengharapkan Sedekah Gunung Merapi tetap menjadi agenda tahunan desa dan menjadi aset budaya daerah yang terus dijaga nantinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya