SOLOPOS.COM - Penumpang duduk di kursi kelas big top di bus super double decker PO Agramas di Wonokarto, Wonogiri, Jumat (31/3/2023). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Bus jenis double decker menjadi salah satu andalan Perusahaan Otobus (PO) Agramas untuk menarik dan memanjakan penumpang di trayek Jakarta-Wonogiri dengan fasilitasnya yang termasuk mewah dan nyaman.

PO Agramas meluncurkan bus kelas super eksekutif dan suite combi family untuk bus double decker-nya. Kepala Operasional PO Agramas Wonogiri, Susanto, saat ditemui Solopos.com, di Kantor Cabang Wonogiri, Jumat (31/3/2023), mengatakan bus double decker memiliki dua lantai.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Di lantai I, bus ini memberikan pelayanan kelas big top dengan jumlah kursi penumpang hanya enam. Konfigurasi kursi untuk kelas ini yaitu satu kursi di sebelah kiri dan dua kursi di sebelah kanan.

Pantauan Solopos.com di dalam bus double decker milik PO Agramas tersebut, Jumat malam, kursi di kelas ini terbilang besar. Sandaran kursi bisa sampai kemiringan sekitar 60 derajat, hampir rebah. Jarak antara kursi depan dan belakang juga cukup lega.

Penumpang bisa leluasa menggerakkan kaki. Masing-masing kursi tersedia bantal, selimut tebal, sandaran kaki, dan stopkontak untuk mengisi daya baterai handphone.

Selain itu ada lampu baca. Ada pula sekat pemisah antara kursi penumpang dengan kru. Terdapat dua layar televisi di masing-masing baris konfigurasi kursi. Penumpang di kelas ini juga difasilitasi dispenser air panas dan normal. Mereka bisa menyeduh kopi sendiri.

bus double decker agramas
Bus Super Double Decker PO Agramas tampak luar di Wonokarto. Wonogiri, Jumat (31/3/2023). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Sementara itu, untuk lantai II atau bagian atas merupakan kelas eksekutif dengan jumlah kursi 32-34. Konfigurasi kursi pada kelas ini yaitu dua kursi untuk kanan dan kiri. Perbedaan yang paling kentara antara kedua kelas di bus double decker milik PO Agramas itu adalah ukuran kursinya.

Kursi di kelas ini lebih kecil daripada kelas big top. Kendati demikian, penumpang masih mendapatkan sandaran kursi dengan kemiringan sampai kemiringan 30 derajat. Cukup nyaman untuk tidur.

Jam Keberangkatan

Kemudian jarak antara kursi depan dan belakang juga masih cukup luas meski tidak seleluasa di kelas big top. “Kalau penumpang big top, dia bisa makan sepuasnya. Pokoknya porsi sekenyang mungkin. Full prasmanan. Tapi kalau untuk eksekutif atas makannya dibatasi, maksudnya pengambilan lauk tidak bisa sendiri,” kata Susanto.

Dia melanjutkan untuk trayek Jakarta-Wonogiri, bus PO Agramas dengan kelas ini biasa berangkat dari Purwantoro, Wonogiri, sore hari. Sampai di pool Wonokarto, Wonogiri, sekitar pukul 19.30 WIB kemudian berangkat ke rute selanjutnya sampai Jakarta.

bus double decker agramas
Kondisi lantai II bus bus Super Double Decker PO Agramas yang hendak berangkat ke Jakarta dari Wonokarto, Wonogiri, Jumat (31/3/2023). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Harga tiket kelas big top double decker PO Agramas senilai Rp360.000/tiket. Sedangkan eksekutif double decker atas Rp260.000/tiket. Harga tersebut berlaku pada hari normal. Pada hari tertentu seperti momen Lebaran, harga bisa baik dua kali lipat.

“Terbaru, kami meluncurkan bus suite comby family. Bus ini terdiri atas dua kelas super eksekutif, yaitu big top dan sleeper,” ucap dia. Bus terbaru milik Agramas ini mulai beroperasi sejak 17 Maret 2023 lalu dengan rute Pacitan-Ciawi.

Ada dua kelas pada bus jenis ini, yaitu big top di bagian depan dengan jumlah kursi hanya sembilan. Kemudian sleeper di bagian belakang dengan jumlah 15 kursi.

Harga tiket untuk kedua kelas ini dipukul rata yaitu Rp350.000/lembar tiket/orang untuk rute Wonogiri-Ciawi. Tarif tambah Rp30.000/tiket jika penumpang naik dari Pacitan. Bus ini berangkat dari Pacitan sekitar pukul 16.00 WIB dan dari Wonogiri sekitar pukul 19.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya