SOLOPOS.COM - Direktur WAMY Indonesia Ustaz Aang Suandi Lc bersama para tokoh dari YLBM Al-Falah Sragen memotong untaian bunga sebagai peresmian simbolis masjid baru di Kompleks Az-Zahra Islamic Center, Kampung Dukuhan, Kelurahan Nglorog, Sragen, Sabtu (24/12/2022). (Istimewa/YLBM Al-Falah Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Yayasan Lembaga Bakti Muslim (YLBM) Al Falah Sragen genap berusia 26 tahun. Momentum Milad ke-26 yayasan yang menaungi lembaga pendidikan berlabel Az-Zahra ini dimanfaatkan untuk meresmikan Masjid Syech Abdul Aziz Al Mukhsin Islamic Center Sragen. Masjid ini terletak di Kampung Dukuhan, Kelurahan Nglorog, Kecamatan Sragen Kota, Sragen, Sabtu (24/12/2022).

Masjid megah yang menelan biaya sampai Rp3 miliar itu dibangun atas kerja sama YLBM Al Falah Sragen dengan World Assembly of Moeslim Youth (WAMY). Direktur WAMY Indonesia, Ustaz Aang Suandi Lc, hadir untuk meresmikan masjid tersebut. Dalam kesempatan itu hadir pula Wakil Bupati Sragen, Dedy Endriyatno, bersama para pendiri YLBM Al Falah Sragen.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Di tahun ke-26, YLBM Al Falah telah menaungi 15 lembaga pendidikan yang terdiri atas KBIT, TKIT, SDIT, SMPIT, dan SMA IIBS, serta PPTQ Az-Zahra Sragen.

“Semarak Milad ke-26 YLBM Al Falah Sragen mengangkat tema Novelty yang artinya kebaruan. Dengan semangat pemulihan pascapandemi Covid-19, YLBM Al Falah bersiap menjalankan aktvitas pendidikan, sosial, dan dakwah dengan slogan Kolaborasi Hebat, Melesat Lebih Cepat Untuk Mewujudkan Keberkahan, Profesional, dan Berkesejahteraan,” ujar Sekretaris YLBM Al Falah Sragen, Arif Suhendar, kepada Solopos.com, Sabtu siang.

Baca Juga: Azzahra Fun Festival di Sragen, Dorong Perkembangan Anak Usia Dini Lewat Lomba

Ketua YLBM Al Falah Sragen, Ustaz Suparlan Abdul Hakim, saat berbincang dengan Espos di masjid baru tersebut menjelaskan Novelty yang dimaksud adalah berdirinya empat lembaga pada tahun ke-26 YLBM Al-Falah Sragen. Keempat lembaga itu, sebut dia, berupa lembaga bakti pendidikan, pesantren, lembaga sosial Bhakti Peduli Indonesia (lembaga amil zakat), dan lembaga bisnis ekonomi Bhakti Abadi Nusantara dengan badan hukumnya berupa CV.

Bahkti Abadi Nusantara memiliki sejumlah unit usaha seperti katering, konfeksi, pengelolaan koperasi sekolah, kantin sekolah. Selain itu lembaga ini juga memiliki produk minuman herbal, berupa susu kambing Etabumek.

Hadian Umrah

Rangkaian milad yayasan dimulai dengan Mukhoyam Qur’an yang diperuntukkan bagi 342 karyawan selama 22-23 Desember 2022. Selain itu ada lomba sekolah percontohan untuk akreditasi berstandar yayasan bagi 15 lembaga pendidikan di bawah YLBM Al-Falah Sragen.

“Kalau penilaian akreditasi itu terkesan menegangkan sehingga kami kemas dalam bentuk lomba. Sebenarnya itu akreditasi internal untuk standardisasi sekolah,” jelas pria yang akrab disapa Hakim ini.

Baca Juga: Gelar Workshop, SMA IIBS Az-Zahra Wujudkan Misi Cetak Enterpreneur Muda

Peresmian masjid ini menjadi puncak rangkaian Milad ke-26 YLBM Al-Falah. Komplek yang diresmikan ini diberi nama Masjid Syech Abdul Aziz Al-Mukhsin Az-Zahra Islamic Center. Di kompleks ini terdapat dua gedung, yakni masjid sebagai basis Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Az-Zahra Sragen dan gedung yang digunakan untuk SMPIT dan SMA IIBS [Integrated Islamic Boarding School].

Hakim menjelaskan kegiatan seremonial lain pada puncak milad, yakni semarak milad dengan melakukan napak tilas yayasan dilanjutkan pemotongan tumpeng. Dalam momentum itu, kata dia, ada pemberian hadiah umrah kepada tiga guru dan karyawan teladan. Pemberian hadiah umrah bagi karyawan teladan ini sudah berlangsung sejak 2020.

YLBM Al-Falah Sragen
Tiga orang karyawan teladan mendapatkan hadiah umrah dari YLBM Al-Falah Sragen saat perayaan Milad ke-26 di Kompleks Az-Zahra Islamic Center, Kampung Dukuhan, Kelurahan Nglorog, Sragen, Sabtu (24/12/2022). (Istimewa/YLBM Al-Falah Sragen)

“Hadiah umrah itu diberikan kepada kepala sekolah teladan, guru dengan pengabdian dan loyalitas terlama, dan guru teladan. Pada saat pandemi dulu ada enam orang yang mendapat hadiah, tetapi baru bisa berangkat Agustus-September 2022 lalu. Sekarang ada tiga orang yang kemungkinan berangkat Januari 2023 besok,” jelasnya.

Baca Juga: SMA IIBS Az-Zahra Sragen Siap Cetak Pemimpin Islami Berwawasan Global

Hakim menerangkan masjid baru ini sudah dilakukan soft launching pada Minggu (18/12/2022) lalu untuk kegiatan kajian keluarga sakinah. Masjid ini juga sudah digunakan bagi 67 santri putra yang belajar di PPTQ A-Zahra Sragen. Sementara  santri putri yang berjumlah 123 orang menempatui gedung SMPIT/SMA IIBS lantai III. “PPTQ ini pindahan dari Widoro,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya