SOLOPOS.COM - Kantor KPU Karanganyar. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Antusiasme warga untuk mendaftar sebagai anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Karanganyar tinggi. Pada hari ketiga pendaftaran, Selasa (20/12/2022), jumlah peminat yang sudah membuat akun pendaftaran di Siakba lebih dari 600 orang.

Anggota Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat Pendidikan Pemilih dan SDM KPU Karanganyar, Devid Wahyuningtyas, mengatakan pendaftaran PPS dibuka pada 18 Desember-27 Desember 2022. “Antusiasme pendaftar PPS ini cukup tinggi. Sampai pendaftaran hari ketiga kemarin [Selasa], yang membuat akun di Siakba sudah ada 600 lebih,” ujarnya, Rabu (21/12/2022).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Pendaftar tersebut berasal dari 17 kecamatan di Karanganyar. Namun ia belum melihat lebih jauh apakah sudah merata di 177 desa dan kelurahan di Kabupaten Karanganyar. “Kalau kami lihat, di semua kecamatan sudah ada pendaftarnya. Begitu juga dengan jumlah pendaftar perempuan sudah banyak, hampir separuhnya. Tapi kami belum melihat lebih jauh apakah masing-masing desa ada pendaftarnya,” imbuhnya.

Kebutuhan anggota PPS per desa adalah tiga orang. Artinya secara total jumlah PPS yang dibutuhkan adalah 531 orang. Untuk memastikan lagi pendaftar di masing-masing desa, KPU akan melakukan pemantauan guna mempersiapkan perpanjangan waktu pendaftaran.

Baca Juga: Penduduk Belum Tembus 1 Juta, Kursi DPRD Karanganyar untuk Pemilu 2024 Tetap

Sementara itu, honor PPS untuk Pemilu 2024 ini naik jumlahnya dibandingkan pemilu sebelumnya. Devid mengatakan honor ketua PPS Rp1,5 juta/bulan, sementara anggota Rp1,3 juta/bulan. Mereka akan bekerja selama 15 bulan sejak tahapan-tahapan pemilu dimulai.

Sebelumnya, pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) juga diminati masyarakat. Jumlah total pendaftar PPK di Karanganyar melalui Siakba mencapai 1.548 orang. Jumlah ini cukup banyak dan masing-masing kecamatan memiliki jumlah pendaftar yang berbeda-beda.

Paling tinggi jumlah pendaftarnya adalah untuk PPK Kecamatan Karanganyar dengan 202 pelamar. Sedangkan kecamatan dengan jumlah pendaftar PPK paling sedikit adalah Ngargoyoso dengan 40 pendaftar.

Baca Juga: PSI dan 5 Parpol Lolos Verifikasi Faktual di Karanganyar, Partai Gelora Tidak

Dari jumlah itu, ada 684 pelamar tidak melengkapi berkas sehingga tidak dapat diikutsertakan dalam tahapan seleksi administrasi. Jumlah pelamar yang masuk seleksi administrasi sejumlah 865 orang. Sementara pelamar yang lolos seleksi administrasi ada 742 orang dan yang tidak lolos 123 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya