SOLOPOS.COM - Logo Partai Demokrat. (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO – Komposisi partai politik (parpol) di DPRD Sukoharjo periode 2024-2029 mengalami perubahan setelah Partai Demokrat Sukoharjo tak memiliki kursi legislatif. Praktis, hanya tujuh parpol yang mengisi komposisi wakil rakyat di parlemen.

Pada Pemilu 2019, ada delapan parpol yang mengisi komposisi anggota legislatif di DPRD Sukoharjo. Kedelapan parpol itu, yakni PDIP, Partai Golkar, PAN, Partai Gerindra, PKB, Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan PKS.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Partai Demokrat gagal mengirim kader terbaiknya untuk duduk di legislatif. Artinya, komposisi anggota legsilatif akan diisi para wakil rakyat dari tujuh parpol. Caleg petahana Partai Demokrat Sukoharjo, Sugeng Purwoko, memilih maju sebagai caleg DPRD Jawa Tengah.

PDIP menjadi partai yang terbanyak meraih kursi legislatif, yakni 21 kursi. Partai berlambang banteng moncong putih itu mengamankan lima kursi di Dapil 1, empat kursi di Dapil 2, enam kursi di Dapil 3, dua kursi di Dapil 4, dan empat kursi di Dapil 5.

“Insyaallah, PDIP Sukoharjo menambah 1 kursi legislatif dari 20 kursi menjadi 21 kursi dalam pemilu tahun ini,” kata Sekretaris DPC PDIP Sukoharjo, Nurjayanto, Senin (4/3/2024).

Perolehan kursi PDIP disusul Partai Golkar dan Partai Gerindra yang masing-masing meraih enam kursi. Partai Golkar Sukoharjo meraih satu kursi tambahan di Dapil 1 yang disumbang caleg rising star, Machmud Lutfi Huzain. Sementara itu, Partai Gerindra juga meraih satu kursi tambahan dari dapil V. Lima tahun lalu, kedua partai itu kompak menyabet lima kursi legislatif.

Tambahan satu kursi legislatif menjadi modal berharga untuk menatap pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sukoharjo pada 27 November 2024 mendatang. “Para kader dan simpatisan partai telah bekerja keras. Dan seperti ini hasilnya. Kami menunggu penetapan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo,” kata Ketua DPD II Partai Golkar Sukoharjo, Sardjono.

Berikut komposisi perolehan kursi parpol di parlemen

  1. PDIP : 21 kursi
  2. Partai Golkar : 6 kursi
  3. Partai Gerindra : 6 kursi
  4. PKS : 5 kursi
  5. PKB : 3 kursi
  6. PAN 3 kursi
  7. Partai Nasdem : 1 kursi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya