SOLOPOS.COM - Kondisi bangunan eks Pabrik Karung Goni Delanggu yang sebelumnya menjadi pabrik gula, Selasa (10/5/2022) siang. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATENEks Pabrik Karung Goni Delanggu dahulunya merupakan pabrik gula pada 1917 yang didirikan oleh Belanda. Memasuki tahun 1996, Pabrik Goni Delanggu resmi ditutup.

Sebagaimana diberitakan Solopos.com, 6 Januari 2022, terdapat kisah misteri di bekas Pabrik Goni, Delanggu, Klaten, Jawa Tengah, yang begitu terkenal di masyarakat.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com dari unggahan pengelola akun Instagram @misterisolo, keberadaan bangunan bekas Pabrik Goni di Klaten ini dikenal angker hinga muncul kisah-kisah mistis.

Adapun sosok makhluk halus yang dikenal sebagai penghuni bangunan ini adalah buto cakil. Kemunculannya ditandai dengan bau bangkai dan suara dengkuran di ruang mesin bangunan ini.

Sejak pabrik ini ditutup dan terbengkalai, sosok buto cakil kerap muncul di samping gedung induk.

Baca Juga: Pemegang HGB: Eks Pabrik Karung Goni Delanggu Klaten Tak Dijual

Sosok lainnya yang kerap bergentayangan di bekas pabrik goni di Klaten ada genderuwo. Sosok menyeramkan itu kerap muncul di dalam rumah para pegawai pabrik.

Selain di eks Pabrik Goni Delanggu, keberadaan mes di dekat pabrik ini juga dikenal angker. Hal itu sempat diunggah di Youtube channel Sang Explore, 19 Maret 2020.

Saat ditengok Solopos.com, Senin (18/7/2022), video berdurasi 1 jam 5 menit 36 detik itu telah tayang 55.611 kali. Video tersebut berjudul Misteri Mess Pabrik Karung Goni Delanggu Klaten.

Baca Juga: Kisah Jaya Pabrik Karung Goni Delanggu, Gaji Karyawan Lampaui Gaji PNS

Sejumlah warganet memberikan komentar dalam video tersebut. Di antaranya, seperti pemilik channel Junasick Park.

FYI: Ini masih mess pegawai belum pabrik utamanya. Dulu waktu TK (th 97) saya latihan drumband di sebelah mess yg dimasukin ini. Dulu belum banyak semak belukar. Dulu aja serem bgt, palagi sekarangkalo lewat sini malem2,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya