SOLOPOS.COM - Kondisi jalan di alas Gunung Tunggangan, Jatiroto, Wonogiri. (Dok Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI — Beberapa kali kejadian kendaraan tersesat di kawasan alas Gunung Tunggangan, Kecamatan Jatirono, Wonogiri, membuat lokasi itu kerap dihubungkan dengan mitos dan cerita-cerita mistis.

Seperti diketahui, satu truk logistik tersesat di alas Gunung Tunggangan pada Kamis (4/5/2023) pagi. Kejadian itu diduga karena kru truk mengikuti petunjuk Google Maps.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Camat Jatiroto, Miran, mengatakan truk yang tersesat di Gunung Tunggangan itu dari arah Jawa Timur menuju Kecamatan Baturetno, Wonogiri. Gunung Tunggangan memang jalan tercepat dari arah timur menuju Baturetno.

Itu bukan kejadian pertama kendaraan tersesat di Gunung Tunggangan, Jatiroto, Wonogiri. Sebelumnya, pada Oktober 2019, Bus Sudiro Tungga Jaya juga tersesat di jalan penghubung Jatiroto-Tirtomoyo itu karena mengikuti petunjuk arah di aplikasi penunjuk jalan.

Bahkan, ada cerita mistis yang dikaitkan mitos angker Gunung Tunggangan, Wonogiri, dalam kejadian tersebut. Sopir Bus Sudiro Tungga Jaya yang tersesat, Sektiawan Aji Suwanto, mengaku saat mengemudi di jalan tersebut tiba-tiba ada perempuan cantik duduk di kursi sampingnya.

Meski kemunculannya misterius, Sektiawan tak berpikir aneh-aneh saat itu. Sampai akhirnya dia memasuki jalan di Gunung Tunggangan. Sopir itu melihat jalannya lebar sehingga laju bus bisa leluasa dan lancar meski menikung dan menanjak.

Suatu ketika bus sampai di atas, setelah itu jalan menurun. Seketika Sektiawan menyadari jalannya sempit dan tikungannya tajam. Saat menoleh, Sektiawan tak mendapati perempuan itu lagi. Saat menikung bus pun tersangkut dan tak bisa bergerak.

Kondisi Jalan Esktrem

Bus baru bisa keluar setelah dari jalur sempit Gunung Tunggangan setelah sedikit demi sedikit dimundurkan. Peristiwa itu sempat membikin heboh hingga para content creator dan Youtuber membikin konten soal mitos dan cerita misteri Gunung Tunggangan di Jatiroto, Wonogiri.

Bahkan salah satu program infotainment televisi nasional juga ada yang mengangkat konten cerita misteri di Gunung Tunggangan. Terlepas benar tidaknya cerita-cerita misteri dan mitos di Gunung Tunggangan, kondisi jalan yang melewati hutan tersebut memang dinilai sangat ekstrem.

Banyak tanjakan dan turunan meski jalannya mulus beraspal. Selain itu jalannya juga sempit dengan tikungan tajam yang tidak memungkinkan dilewati kendaraan besar.

Beberapa warganet dalam kolom Google Review menyarankan pengendara menyiapkan fisik dan mental ketika melewati jalan di Gunung Tunggangan. Lebih dari itu, mereka juga menyarankan agar menghindari melewati jalan itu pada malam hari.

Bukan melulu karena mitos dan cerita mistis yang menyelimuti Gunung Tunggangan, Wonogiri, tetapi kondisi jalan di kawasan itu memang ekstrem dan minim penerangan.

“Sumpah kapok lewat sini gara2 google map, mau ke Pacitan lewat sini pas berangkat motor gk kuat nanjak trus ambruk, untung gk kenapa2, waktu pulangnya malam ternyata lewat sini lagi pas hujan, berkabut, gk ada lampu penerangan, pokoknya uji nyali banget dan cuma berdua sama suami hanya bisa berdoa saja supaya diberi keselamatan smp rumah,” tulis salah satu warganet di Google Review pada Februari 2023.

“yang mau lewat sini harap siapkan kondisi mobil dan driver lahir batin. usahakan jangan lewat pas malam. belok 180° dan nanjak kemungkinan ad 30°. luar biasa…,” tulis warganet lain sekitar Juni 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya