SOLOPOS.COM - Mitsubishi Xpander Ultimate yang digunakan untuk melakukan Ekspedisi UMKM 2022 SMG selama sepekan, Senin (22/8/2022) hingga Sabtu (27/8/2022). (Solopos.com/Andika Wahyu Purnama).

Solopos.com, SOLO – Solopos Media Group (SMG) menggelar Ekspedisi UMKM 2022 mulai, Senin (22/8/2022) hingga Sabtu (27/8/2022). Selama hampir sepekan, tim SMG memotret ketangguhan sekitar 13 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di delapan kota/kabupaten Jawa Tengah.

Ekspedisi UMKM 2022 yang digelar Solopos Media Group ini didukung Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Telkom Indonesia, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, Semen Gresik, Yayasan Dharma Bhakti Astra, Shabat Warna Gemilang, dan Sun Star Motor.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ekspedisi dipimpin Ika Yuniati, bersama Ni’matul Faizah yang kemudian digantikan Afifa Enggar Wulandari (reporter), Andika Wahyu Purnama (videografer), dan Martoyo (driver).

Tim SMG menempuh perjalanan hampir 796 kilometer (km) dimulai dari Kota Solo, Kabupaten Klaten, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Wonogiri, Kota Semarang, Kota Magelang, Kabupaten Rembang, dan kembali lagi ke Solo.

Ekspedisi UMKM 2022 yang digelar Senin-Jumat (22-26/8/2022) akan mengulas inspirasi dan kisah sukses 12 UKM di Jawa Tengah. (Solopos/Danang Nur Ihsan)
Ekspedisi UMKM 2022 SMG yang digelar Senin-Sabtu (22-27/8/2022) mengulas inspirasi dan kisah sukses 13 UMKM di Jawa Tengah. (Solopos.com/Danang Nur Ihsan).

Baca juga: Olah Ikan Gabus, UMKM Jamu Karanganyar Sukses Jual 10.000-an Produk per Bulan

Selama ekspedisi, tim SMG mengendarai Mitsubishi Xpander Ultimate A/T model quartz white pearl yang didukung sepenuhnya oleh Sun Star Motor. Andika mengatakan varian ultimate A/T ini sangat nyaman digunakan untuk melintasi delapan kota/kabupaten di Jawa Tengah dalam sepekan sekaligus.

Menurut Andika, Jumat (26/8/2022), bagian jok cukup luas dengan kapasitas tujuh penumpang dewasa. Ukurannya juga pas di badan berkat desainnya yang ergonomis. Perjalanan yang menempuh ratusan kilometer pun tak terasa melelahkan.

Ekspedisi dengan unit mobil baru ini kian menyenangkan dengan sistem hiburan yang cukup lengkap. Ada kelengkapan fitur berupa head unit layar TFT dengan teknologi touch screen, konektivitas smartphone, dan kemampuan baca format MP3 dan MP4.

Bagian kemudi juga cukup modern dengan teknologi tilt and telescopic steering yang memudahkan sopir mengatur posisi setir sesuai postur tubuhnya.

“Jadi enggak hanya penumpang yang nyaman. Bagian setir ini bisa diatur posisinya, jadi enggak bikin capek pas di jalan. Pengemudi juga nyaman meski nyetir lama,” tambah Andika.

Baca juga: Saling Dukung dengan UMKM, Kunci Sukses Percetakan Shabat Warna Gemilang Solo

Fitur keselamatan juga cukup lengkap sehingga kami tak hanya nyaman, tapi juga merasa sangat aman di perjalanan.

Kelengkapan fasilitas tersebut di antaranya kamera belakang dengan sensor parkir, fitur anti lock braking system (ABS) plus electronic brake force distribution (EBD), brake assist (BA), seatbelt, hill start assist (HAS), active stability and traction control (ASC +TCL), keyless operation system, serta dua buah airbag.

Mitsubishi Xpander Ultimate A/T model quartz white pearl yang dikemudikan oleh Martoyo ini juga dilengkapi dengan immobilizer with security alarm, sehingga tak perlu merasa khawatir ketika diparkir lama.

Sementara, Martoyo menambahkan catatan lain yang tak kalah penting yakni konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Mitsubishi Xpander Ultimate sangat irit. Tim SMG menempuh perjalanan berjarak 796 km dari Solo, Klaten, Karanganyar, Boyolali, Wonogiri, Semarang, Magelang, Rembang, dan Solo.

Baca juga: Jaga Eksklusivitas, Batik Tulis Gunung Kendil Raih Omzet Puluhan Juta Rupiah

Selama Ekspedisi UMKM 2022, tim SMG hanya mengeluarkan uang sebesar Rp600.000 untuk konsumsi BBM jenis pertalite. Jika dikalkulasikan berarti hanya menghabiskan sekitar 79 liter BBM pertalite dengan asumsi harga sekitar Rp7.650/liter.

“Nyaman, dan irit banget sih ini. Perjalanan jauh Solo, Semarang, Magelang, Rembang, hanya segitu [hanya Rp600.000],” tambah Martoyo.

Banner Ekspedisi UMKM 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya