SOLOPOS.COM - RITUAL MERIAH -- Suasana saat mobil Esemka diberangkatkan Jumat lalu dengan iringan tari tradisional. Kepulangan Esemka besok pagi direncanakan disambut dengan kemeriahan serupa. (JIBI/SOLOPOS/dok)

RITUAL MERIAH -- Suasana saat mobil Esemka diberangkatkan Jumat lalu dengan iringan tari tradisional. Kepulangan Esemka besok pagi direncanakan disambut dengan kemeriahan serupa. (JIBI/SOLOPOS/dok)

SOLO – Pelepasan perjalanan mobil Esemka akhir pekan lalu dilakukan dengan balutan acara tradisional yang kental dan meriah. Nah, sama seperti saat pelepasannya, kepulangan rombongan mobil Esemka dari uji emisi di Balai Termodinamika Mesin dan Propulsi di Serpong, Tangerang, Banten, bakal mendapat sambutan yang tak kalah meriah.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sekelompok penari berkostum Arjuna dan Yagsa bakal tampil untuk menyambut kepulangan mobil Esemka setelah menjalani uji emisi di Tangerang, Selasa (28/2/2012) esok, lebih kurang pukul 08.00 WIB. Prosesi penyambutan akan dilakukan menjelang gerbang masuk Kota Solo, tepatnya di Tugu Membatik selatan Pasar Kleco.

Selain tokoh pewayangan Arjuna dan Yagsa yang melambangkan ksatria tangguh yang dapat melewati segala rintangan dan ujian, direncanakan pula sebuah tarian Merak yang melambangkan harapan masa depan cerah bagi Esemka. Namun tarian ini masih tentatif, artinya masih belum dipastikan akan ditampilkan atau tidak.

“Setelah penyambutan dengan tarian, iring-iringan mobil Esemka akan berjalan ke arah timur dimulai dengan mobil yang mengangkut kelompok paskibra, mobil penari, rombongan kepala SKPD naik sepeda, baru kemudian mobil Esemka, komunitas sepeda lawas dan sebuah mobil penutup rombongan,” ungkap Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkot Solo, Sutarjo, dalam konferensi pers seusai rapat koordinasi penyambutan Esemka di kantornya, Senin (27/2/2012).

Iring-iringan akan berjalan hingga Balaikota. Tapi di kompleks perkantoran pemerintah ini, mobil tersebut hanya berputar mengeliling kemudian perjalanan dilanjutkan kembali menuju Solo Techno Park (STP). Di Tugu Cembengan, Jebres, sebuah tarian barongsai akan digelar untuk menyambut iring-iringan tersebut.

Sementara di STP juga akan ada penyambutan sekaligus uraian perjalanan uji emisi tersebut sebelum akhirnya mobil diserahkan ke Ketua DPRD, YF Sukasno lalu ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora). “Nanti di sepanjang Jl Slamet Riyadi juga akan ada anak-anak sekolah yang menyambut iring-iringan di pinggir jalan,” kata Sutarjo.

JIBI/SOLOPOS/Suharsih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya