SOLOPOS.COM - Momen Jan Ethes Srinarendra mengunjungi dan bermain dengan anak penyandang cerebral palsy di Pucangsawit, Jebres, Solo, Senin (25/7/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Meski usianya masih sangat muda, cucu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jan Ethes Srinarendra, ternyata sudah memiliki sikap peduli terhadap anak lain yang berkebutuhan khusus seperti penyandang cerebral palsy.

Hal itu ditunjukkan saat ia bermain bersama anak penderita penyakit cerebral palsy bernama Yohanes Gabriel Bayu Pratama, warga RT 001/RW 001, Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Solo, Senin (25/7/2022).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Didampingi sang ibu, Selvi Ananda, Jan Ethes ikut membantu mendorong kursi roda yang dipakai Gabriel sebagai alat bantu untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Gabriel lahir di Tangerang pada 24 November 2012.

Ia menderita penyakit cerebral palsy sejak bayi. Penyakit cerebral palsy merupakan gangguan pada otot, gerak, dan koordinasi tubuh. Gabriel menderita gangguan cerebral palsy dengan tipe quadriplegi spastik atetoid dengan disertai gangguan kognitif dan komunikasi verbal.

Gabriel juga mengalami epilepsi kategori berat yang membuatnya harus meminum obat seumur hidup. Selvi Ananda dan Jan Ethes mendatangi lokasi rumah anak penyandang cerebral palsy itu pada Senin (25/7/2022) sekitar pukul 10.30 WIB.

Baca Juga: Kawal Selvi, Jan Ethes Sedot Perhatian Pengunjung Taman Balekambang

Mereka disambut kedua orang tua Gabriel, Heru Agung Cahya Purnama dan Yuni Setyoningsih, di dalam rumah. Tak berapa lama kemudian, Gabriel diajak jalan-jalan keluar rumah oleh bapaknya menggunakan kursi roda.

Sebelum keluar rumah, Jan Ethes ikut mendorong kursi roda mengitari ruang keluarga di dalam rumah. Jan Ethes tampak gembira bermain dengan anak penyandang cerebral palsy selama hampir 30 menit.

Bantuan Mensos

“Mudah-mudahan, Gabriel bisa segera sembuh dan kembali bermain bersama anak-anak lainnya. Anak harus merasakan gembira dan senang,” ujar Selvi Ananda.

Baca Juga: Hadir di Balekambang, Bunda Selvi dan Jan Ethes Disambut Tarian Kidang

Kursi roda adaptif yang dipakai Gabriel merupakan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang diserahkan langsung oleh Menteri Sosial, Tri Rismaharini, hari itu.

Selain kursi roda, ada beragam bantuan lain yang diberikan kepada Gabriel, yakni mainan anak, paket nutrisi berupa susu, biskuit, dan madu serta baju. Selain itu, Kemensos juga menyalurkan bantuan modal usaha berupa mesin untuk penggilingan tahu kepada orang penyandang cerebral palsy yang hari itu dikunjung Jan Ethes.

“Saya memang minta tolong ke anak-anak yang mampu agar lebih peduli terhadap anak-anak yang membutuhkan. Saya mengucapkan terima kasih karena Jan Ethes sudah diizinkan oleh orang tuanya berbagi dan peduli,” ujar Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

Baca Juga: Tak Bisa Diam di Panggung, Jan Ethes Ternyata Lagi Senang Menari Ini

Risma, sapaan akrabnya, menyebut masih ada anak penyandang disabilitas yang menjadi korban perundungan. Anak tersebut secara terus menerus di-bully oleh teman-temannya. Nahasnya, anak tersebut nekat mengakhiri hidupnya lantaran tak kuat di-bullly secara terus menerus.

“Anak-anak bisa diajari sejak dini untuk peduli dan berbagai kepada anak lain yang membutuhkan. Tadi Jan Ethes tidak kagok dan langsung bermain dengan Gabriel,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya