SOLOPOS.COM - Informasi event Sarasehan Pemimpin Muda yang digelar Solopos Media Group. (Solopos/Galih Ertanto)

Solopos.com, SOLO — Forum bergengsi Sarasehan Pemimpin Muda dengan tema Young Inspiration Toward a Better Future di The Sunan Hotel Solo bakal digelar pada Selasa (25/7/2023) siang ini.

Ini merupakan momen langka di mana delapan pemimpin muda dari berbagai sektor bakal bertemu dan menebar inspirasi dalam satu program spesial tersebut. Acara yang digelar oleh  Solopos Media Group (SMG) ini mempertemukan pemimpin muda dari pemerintahan hingga kalangan usaha dan penjaga budaya.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dari pemerintahan atau pejabat publik ada Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Bupati Blora Arief Rohman, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Bupati Kendal Dico Ganinduto.

Kemudian kalangan usaha akan hadir pemimpin muda yakni VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso dan Komisaris Independen BSI M Arief Rosyid Hasan.

Tak ketinggalan dari penjaga budaya akan hadir Pengageng KHP Nitya Budaya Kraton Yogyakarta GKR Bendara, serta Adipati Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunagoro X.

Dalam acara sarasehan di The Sunan Hotel Solo itu mulai pukul 13.30 WIB itu, para pemimpin muda yang berkumpul akan membahas berbagai isu penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mulai dari isu pemerintahan, pembangunan daerah, ekonomi, persaingan global.

Kemudian transparansi dan teknologi, investasi, hingga budaya kerja. Akan dibahas pula isu-isu kebudayaan seperti modernisasi kebudayaan, misi pelestarian dan tuntutan ekonomi, soal musik langgam dan budaya K-Pop, serta pembahasan soal krisis penjaga budaya.

Ada delapan hal mendasar yang bakal didiskusikan oleh sembilan pemimpin muda tersebut dalam sarasehan di The Sunan Hotel Solo itu. Di antaranya soal solusi atas ketimpangan antarwilayah di Jawa Timur, inovasi atas keterbatasan anggaran di Blora.

Kemudian metamorfosis Solo sebagai Kota Budaya, Kabupaten Kendal yang tengah jadi pusat investasi, industri dan keberlanjutan, kolaborasi antarpemimpin muda, digitalisasi daerah, serta peningkatan kualitas aparat pemerintahan.

Pemimpin Redaksi Solopos Media Group, Rini Yustiningsih, mengatakan sosok muda sebagai pemimpin sangat dibutuhkan di erah sekarang dengan munculnya banyak hal baru. Begitu pula tantangan yang semakin kompleks di masa mendatang.

Pemimpin masa depan haruslah orang yang mau menerima perubahan dan hal baru tersebut. Masyarakat membutuhkan para pemimpin muda yang memiliki visi lebih terbuka, kreatif, dan agile atau lincah menghadapi situasi maupun tantangan masa depan.

Inspirasi Pemimpin Muda

Tantangan itu mulai dari perubahan iklim, krisis energi, krisis pangan, hingga masalah geopolitik, dan tren digitalisasi. Belum lagi tantangan demografi di mana Indonesia yang akan mendapat bonus demografi pada 5-15 tahun mendatang dengan banyak penduduk usia produktif.

“Untuk itu, penting menyiapkan para pemimpin muda sedari sekarang sehingga bisa memaksimalkan bonus demografi demi menghadapi tantangan masa depan,” ungkap Rini, Kamis (20/7/2023).

Rini menilai saat ini sejumlah nama pemimpin muda telah muncul. Usia mereka boleh muda, namun dari sisi pemikiran dan program-program sangat luar biasa.

Lantaran terbiasa berpikir kreatif dan adaptif, para pemimpin muda ini mampu memberikan solusi atas permasalahan di sektor bisnis, budaya, dan pembangunan daerah.

Inspirasi dari para pemimpin muda ini lah yang mengilhami Solopos Media Group (SMG) menggelar program spesial Sarasehan Pemimpin Muda yang mengusung tema Young Inspiration Toward a Better Future.

SMG mengemas sarasehan di Solo itu menjadi suatu program ngobrol bareng para pemimpin muda. Tujuannya menggemakan semangat kolaborasi untuk mewujudkan Indonesia lebih kuat dan maju.

Para pemimpin muda itu akan berdiskusi tentang sejumlah tema, seperti tantangan ekonomi, pelestarian budaya ala anak muda, dan pemimpin muda pendorong Indonesia terus maju.

“Diskusi bersama lintas sektor itu diharapkan bisa melahirkan kesimpulan bersama tentang apa yang bisa dilakukan pemimpin muda untuk mewujudkan Indonesia Maju. Kolaborasi apa yang bisa dilakukan antarpemimpin daerah, pemimpin bisnis, dan pemimpin budaya,” kata Rini.

Rini berharap sarasehan tahun ini menjadi forum yang mempertemukan para pemimpin muda untuk bisa berbagi pengalaman dan memberikan solusi atas permasalahan di sektor masing-masing.

“Cara beda dengan sentuhan khas anak muda. Para pemimpin muda inilah masa depan Indonesia. Untuk itu, mari berkolaborasi demi Indonesia menjadi lebih kuat dan makin kuat di masa depan.”

Acara ini turut didukung oleh Pertamina, BNI, Pemkab Blora, PT Blora Patragas Hulu, Candi Elektronik. Bagi Anda yang ingin menyimak apa saja isi obrolan para pemimpin muda ini bisa mengikuti laporannya di Solopos.com yang akan terus meng-update informasinya sepanjang acara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya