SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pemeriksaan Kesehatan (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Pemeriksaan Kesehatan (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Pemeriksaan Kesehatan (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI — Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri membuka pos kesehatan untuk para pemudik di sembilan titik.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pos kesehatan tersebut akan dibuka mulai H-7 hingga H+7 selama 24 jam. DKK juga mengimbau sejumlah rumah sakit untuk tetap membuka pelayanan dengan sistem piket.

Hal itu diungkapkan Kepala DKK Wonogiri Widodo, saat dijumpai seusai rapat koordinasi persiapan pengamanan Lebaran di Mapolres Wonogiri, akhir pekan kemarin.

“Intinya, jumlah titik pos kesehatan hampir sama dengan pos keamanan dari Polres Wonogiri. Tapi, kami menambah beberapa titik yang rasa perlu.”

Rencananya, ada sembilan lokasi pos kesehatan dari DKK yakni di Terminal Krisak, Terminal Induk, Pasar Kota Wonogiri, Kawasan Waduk Gajah Mungkur (WGM), Kecamatan Ngadirojo, Kecamatan Jatisrono, Kecamatan Purwantoro, Kecamatan Pracimantoro dan Kecamatan Baturetno. Di pos tersebut, layanan disiapkan selama 24 jam dengan obat-obatan lengkap beserta mobil ambulans.

“Ada 108 orang tenaga medis yang kami bagi di sembilan pos kesehatan. Jadi, dalam satu hari, ada tiga sif dengan masing-masing sif ada empat orang tenaga medis yang berjaga di pos. Mereka merupakan tenaga medis dari RS [rumah sakit] swasta dan negeri di Kabupaten Wonogiri. Untuk tenaga dari RS swasta, kami pilih yang terdekat dengan pos. Misalnya, pos kesehatan di Terminal Krisak, kami pilih dari RS PKU Muhammadiyah Nambangan dan Mulia Hati,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menerapkan sistem piket untuk pelayanan di Puskesmas dan Puskesmas Rawat Inap. Ia juga berkoordinasi dengan rumah sakit negeri dan swasta di wilayah Kabupaten Wonogiri untuk tetap membuka layanan kesehatan dengan sistem piket. DKK juga bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Wonogiri di dua pos kesehatan yakni di Pasar Kota Wonogiri dan WGM.

“Kami diberi tugas dari DKK untuk berjaga di dua pos di wilayah kota [Kecamatan Wonogiri]. Untuk kesiapan menjelang Lebaran ini, kami menyiapkan 50 orang tenaga yang berjaga di pos dan di Markas PMI,” kata Kepala Markas PMI Wonogiri, Warjo, saat dijumpai di Mapolres Wonogiri, akhir pekan kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya