SOLOPOS.COM - Kapolres Klaten, AKBP Y Ragil Heru Susetyo (tengah), memantau pembangunan pos pengamanan (pospam) Lebaran tak jauh dari Alun-Alun Klaten, awal pekan kemarin. (Moh Khodiq Duhri/JIBI/Solopos.com)

Kapolres Klaten, AKBP Y Ragil Heru Susetyo (tengah), memantau pembangunan pos pengamanan (pospam) Lebaran tak jauh dari Alun-Alun Klaten, awal pekan kemarin. (Moh Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Kapolres Klaten, AKBP Y Ragil Heru Susetyo (tengah), memantau pembangunan pos pengamanan (pospam) Lebaran tak jauh dari Alun-Alun Klaten, awal pekan kemarin. (Moh Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN– Sebanyak 800 personel polisi disiapkan untuk memantau jalannya arus mudik dan balik Lebaran yang melintasi jalan Jogja-Solo tepatnya di kawasan Klaten pada tahun ini.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kapolres Klaten, AKBP Y Ragil Heru Susetyo, mengatakan dari 800 personel itu 300 di antaranya akan disiagakan di tujuh pos pengamanan (pospam) Lebaran. Sementara sisanya akan disiagakan sebagai pagar betis di sepanjang jalan Jogja-Solo dari Prambanan hingga Wonosari.

“Jadi begitu kendaraan masuk dari Prambanan, di kanan kiri jalan sudah ada pagar betis dari polisi. Jam berapa pun nanti akan ada anggota di sana. Tugas mereka mengatur jalannya lalu lintas dan menekan terjadinya kasus kecelakaan selama mudik dan balik Lebaran ini,” papar Ragil saat ditemui wartawan di sela-sela meninjau pembangunan pospam di kawasan Alun-Alun Klaten, awal pekan kemarin.

Ragil menargetkan penurunan jumlah kecelakaan lalu lintas dan warga tewas di jalan saat arus mudik dan balik Lebaran berlangsung. Tidak hanya itu, dia juga menargetkan Klaten bebas ancaman teroris seperti yang terjadi di Solo pada Lebaran tahun lalu.

Untuk menekan angka kecelakaan, Ragil mengimbau pengemudi memanfaatkan pospam untuk istirahat bila kecapekan. Menurutnya, sejumlah pospam sudah ada fasilitas rest area, bengkel, makanan, minuman, pengobatan, pijat refleksi, dan lain-lain.

Sejumlah pekerja dikerahkan untuk membangun pospam di tujuh titik di sepanjang jalan Jogja-Solo. Ketujuh pospam itu masing-masing berdiri di kawasan Prambanan, Jogonalan, Stasiun Klaten, Alun-Alun Klaten, bekas Terminal Jonggrangan, Subterminal Karang Delanggu dan Pakis.

“Jumlah personel masih bisa kita lipat gandakan tergantung kebutuhan nantinya,” tambah Kabag Ops Polres Klaten, Edy Suranta S.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya