SOLOPOS.COM - Warga Ngaliyan, Mriyan, Tamansari, Boyolali, menerima bantuan air bersih dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Solo, Selasa (12/9/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Solo melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan LazisMu mendistribusikan bantuan air bersih ke daerah kekeringan di Ngaliyan, Mriyan, Tamansari, Boyolali, Selasa (12/9/2023).

Komandan MDMC Kota Solo, Teguh Wahyudi, mengatakan pengiriman air bersih difokuskan di Ngaliyan, Mriyan, Tamansari. Tidak main-main air bersih yang dikirimkan ditargetkan mencapai 200 tangki air selama September-November 2023.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Pada pekan ini kami targetkan pengisian air bersih di 40 tempat penampungan air, masing-masing satu tangki. Program pengiriman air bersih Muhammadiyah ini oleh MDMC bersinergi dengan semua elemen Muhammadiyah Solo dan LazisMu,” ujar dia.

Sinergitas tersebut, menurut Teguh, merupakan salah satu bentuk semboyan One Muhammadiyah One Respons (OMOR). Sedangkan Direktur Lazismu Solo, Wakid, mengatakan musim kemarau panjang 2023 memicu kekeringan sejumlah daerah.

“Musim kemarau yang panjang membuat beberapa wilayah di Jateng mengalami kekeringan. Salah satunya di Dusun Ngaliyan, Boyolali, yang sudah beberapa bulan ini warga kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,” tutur dia.

Teguh dan Wakid menjelaskan bantuan air bersih yang dikirimkan menyentuh lebih dari 67 keluarga atau 200 jiwa di Dusun Ngaliyan. Dengan banyaknya warga yang bisa terbantu distribusi air bersih kiriman PDM Kota Solo, mereka merasa bersyukur.

“Alhamdulillah banyak warga Ngaliyan merasa sangat terbantukan adanya pendistribusian air bersih ini. Selain untuk kebutuhan sehari-hari, air bersih juga kita distribusikan untuk kebutuhan di musala. Semoga kekeringan segera berakhir,” jelas dia.

Lazismu Solo mengajak para mitra, donatur, dan dermawan, untuk berkontribusi dalam program bantuan air bersih ke daerah kekeringan. “Sudah beberapa hari tidak ada air bersih,” terang Ketua RT 004 Ngaliyan, Mriyan, Tamansari, Waginu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya