SOLOPOS.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo, Nuril Huda, di kantornya, Kamis (19/5/2022). (Solopos/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Sejumlah partai politik (parpol) sudah menyampaikan jadwal mereka mendaftarkan baka calon anggota legislatif (bacaleg) ke KPU Sukoharjo. Terdekat adalah Partai Nasdem yang akan menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg pada Rabu (10/5/203) besok.

Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, membeberkan ada delapan parpol yang sudah menyampaikan jadwal penyerahan berkas, termasuk Nasdem yang akan datang besok pukul 10.00 WIB. Sehari berikutnya atau Kamis (11/5/2023), ada dua parpol yang mengonfirmasi kedatangan, yakni PDIP dan Partai Gerindra. PDIP akan hadir pukul 10.00 WIB, sementara Gerindra belum pasti jamnya.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pada Jumat (12/5/2023), giliran PAN, PKS, dan PKB yang akan menyerahkan berkas pendaftaran bacaleg. PSI dan Partai Demokrat masing-masing akan mendaftar pada Sabtu (15/5/2023) dan Minggu (16/5/2023).

“Penyelenggaraan Pemilu 2024 saat ini memasuki tahapan pendaftaran calon mulai 1 Mei sampai tanggal 14 Mei. Sampai hari ini baru 8 parpol yang mengonfirmasi jadwal kehadiran di KPU Sukoharjo,” jelas Nuril di Pendapa Graha Satya Praja Sukoharjo, Selasa (9/5/2023).

Ia meminta pimpinan parpol lain diminta segera menyampaikan jadwal pendaftaran, ini berkaitan dengan persiapan dan tindak pengamanan. Pasalnya, kerap parpol datang dengan acara tertentu seperti pawai atau lainnya.

Jika ada masih ada kendala soal pemenuhan persyaratan pendaftaran, parpol bisa menghubungi help desk KPU. Harapannya, tidak ada masalah krusial di waktu jelang penutupan pendaftaran.

Sementara itu, Bendahara DPC PDIP Sukoharjo, Wawan Pribadi, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan kader terbaik untuk maju menjadi bacaleg di Pemilu 2024. Ia membeberkan jumlah bacaleg yang didaftarkan sesuai jumlah kuota kursi di DPRD Sukoharjo, yakni 45.

“Kami daftarkan full kuota 45 orang. Keberangkatan kami rencananya naik kereta kuda. Per orang satu kereta kuda. Dengan masing-masing dapil dipimpin satu orang yang menaiki kuda,” jelas Wawan saat ditemui dalam kegiatan serupa.

Pendaftaran dengan menunggangi kereta kuda itu menurutnya memiliki filosofi tertentu. PDIP berupaya untuk mengangkat kembali transportasi yang telah jarang ditemukan itu.

PDIP Sukoharjo menargetkan memborong paling sedikit 29 kursi di DPRD Sukoharjo pada Pemilu 2024. Angka ini meningkat empat kursi dari jumlah anggota DPRD dari PDIP saat ini yang berjumlah 25 orang. “Target naik biar semakin semangat,” ujar Wawan.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukoharjo, Bambang Muryanto,  mengharapkan seluruh peserta Pemilu 2024 lebih sering berkomunikasi dengan Bawaslu. Sehingga apabila terjadi sengketa nantinya bisa dimediasikan dengan penyelenggara pemilu. Hal tersebut, menurutnya, akan lebih baik daripada harus diselesaikan dalam persidangan.

“Kami sudah buatkan mandat jajaran Panwascam dan Panwaslu dapat menyelesaikan saat itu juga,” ujar Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya