SOLOPOS.COM - Peserta pawai pembangunan HUT RI bersiap di lokasi start di Lapangan Kota Barat, Solo, Jumat (19/8/2022) sore. (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO —  Sebanyak 84 kelompok masyarakat, instansi pemerintah/BUMD/BUMN, dan perusahaan swasta bakal memeriahkan Pawai Pembangunan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di sepanjang jalan dari Kota Barat sampai Balai Kota Solo, Jumat (19/8/2022) sore ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo Aryo Widyandoko saat konferensi pers, Kamis (18/8/2022), menjelaskan acara pawai pembangunan akan dimulai pukul 15.00 WIB dari Stadion Mini Kota Barat. 

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Adapun urutan pawai, yakni mobil woro-woro, voorijders, armada untuk media, spanduk pawai, Garuda Pancasila, Paskibra, marching band, enam unit armada untuk VIP.

Peserta VIP-nya, antara lain Wakil Wali Kota, Ketua DPRD, Kapolresta, Dandim 0735/Solo, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Danrem, Dan Lanud, Dan Grup 2 Kopassus, Dan Brigif VI, Dan Denpom IV Diponegoro, Dan Yon Brimob, dan Sekda.

Pada urutan selanjutnya pawai pembangunan HUT RI di Solo itu ada Brigif Mekanis Raider 6 dengan dua unit Ranpur M113 A1 BE, Prajurit Pokdarwis 30 orang, Sekretariat DPRD Kota Solo 20 orang berkostum adat nusantara dan dua andong.

Baca Juga: Yuk Ramaikan Pawai Pembangunan di Solo Besok, Gibran bakal Naik Tank

Kemudian ada Disbudpar dengan 60 orang berkostum wayang orang, 20 orang berkostum traveler, dan dua andong. Soloved Dancer mengerahkan 30 orang dengan kostum hias bunga serta sayap, sementara Komunitas Cinta Anak Bangsa tampil dengan 10 orang berkostum tarian modern.

Komunitas Gajah Krumpyung ada 30 orang; Bank Jabar sebanyak 20 orang dengan kostum adat nusantara; Komunitas Kebaya Milik Kita dua andong; SD Djama’atul Ichwan menampilkan 21 orang dengan kostum adat nusantara dan becak hias.

Motor Hias Disabilitas

Perkumpulan Motor Disabilitas Indonesia menampilkan 20 unit motor hias disabilitas; Barong Kemamang 20 orang; Sekretariat Daerah Kota Solo menampilkan 100 orang kostum wayang dan satu unit mobil hias.

Bapenda Kota Solo menampilkan 20 orang dengan kostum adat nusantara dan satu unit mobil hias dalam pawai pembangunan HUT RI itu. Lalu Bappeda Kota Solo menampilkan 20 orang dengan kostum jarit dan belangkon, sepeda hias, dan satu unit mobil hias.

Baca Juga: Pawai Pembangunan Solo Sore Ini, Dishub Siapkan 11 Lokasi Parkir

Dinas Arpusda Kota Solo menampilkan 15 orang kostum Pustakawan, tiga unit bemo pustaka; Dinas Pendidikan mengerahkan 50 orang dengan kostum adat nusantara dan satu unit mobil hias; Disnaker ada 40 orang dengan kostum  olahraga dn satu unit mobil hias.

Selanjutnya Dinas Perdagangan ada dua Bregodo Wrekso Raharjo sebanyak 70 orang membawa hasil bumi dan satu unit mobil hias; BKPSDM ada 20 orang dengan kostum adat Jawa dan satu unit mobil hias, Dispora ada 40 oarang dengan kostum pakaian dinas lapangan (PDL) dan satu unit mobil hias.

Lembu Suro mengerahkan 20 orang; Dinsos 75 orang dengan PDL dan pakaian tradisional, satu unit mobil dapur umum, dan satu mobil operasional; DPMPTSP ada 15 orang kostum kasual dan satu unit mobil hias.

Banglitbangda dan Solo Technopark ada 15 orang dengan 15 orang kostum adat nusantara dan dua mobil hias; Perumda Perdagangan dan Aneka Usaha Pedaringan ada satu unit Forklift dan satu unit mobil hias.

Baca Juga: Besok Pawai Pembangunan HUT RI di Solo, Ini Ruas Jalan yang Ditutup

Perbankan

RSUD Ibu Fatmawati Soekarno juga tak ketinggalan ikut dalam pawai pembangunan HUT RI di Solo. RS tersebut mengirim enam orang kostum adat nusantara, satu unit mobil hias. Kemudian RSGM Soelastri ada satu unit mobil hias.

Info Cegatan Solo (ICS) ada 30 orang kostum batik, 20 orang pasukan pemungut sampah, dan satu unit mobil operasional. PTPN Radio Solo menampilkan satu unit mobil operasional; Satpol PP Kota Solo menampilkan 10 orang kostum Wreksa Praja dan satu unit mobil hias.

Fongging Katresnan menampilkan satu mobil operasional. Bank Mandiri menampilkan 25 orang dengan kostum PDL dan satu unit mobil operasional; Kecamatan Pasar Kliwon ada 30 orang mendorong gerobak perahu dan patung Rajamala, enam orang kostum Batik Carnival, empat kereta kencana, dan satu mobil hias.

Kemudian Kecamatan Serengan menampilkan 15 orang kostum tradisional blangkon dan satu unit mobil hias; Kecamatan Banjarsari ada 10 orang kostum Buto Gedruk, satu unit obil hias, dan tujuh mobil operasional.

Baca Juga: Warga Solo Mau Ikut Pawai Pembangunan 2022? Buruan Daftar di Link Ini

Kecamatan Laweyan dalam pawai pembangunan HUT RI di Kota Solo, Jumat ini, menampilkan satu unit truk trailer full musik; RSUD Bung Karno menampilkan satu unit mobil hias; Dinkop, UKM, dan Perin Kota Solo menampilkan satu unit mobil hias.

Kemudian Kesbangpol Solo menampilkan satu unit mobil hias. BCA membawa unit mobil hias; BPR BKK Jateng menampilkan satu mobil operasional dan satu mobil hias;  BNI menampilkan dua unit mobil hias & Anhang. Bank Jateng tak ketinggalan dengan 40 orang kostum wayang dan satu unit truk towing hias; Kadin satu unit truk trailer; KoRS menampilkan satu unit mobil hias.

Bus Vaksin

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA menampilkan satu unit mobil hias; Disadmindukcapil menampilkan 25 orang dengan kostum tradisional, satu unit motor operasional, dan 10 mobil operasional.

Selanjutnya Dinas Lingkungan Hidup Kota Solo menampilkan 100 orang flash mob menyapu, satu unit road swipper, satu unit truk hias; Dishub Kota Solo ada 30 orang kostum PDL, dua sepeda onthel, dua unit motor patroli; dua unit AKW; satu angkutan kota; satu unit truk derek hias.

Baca Juga: Wali Kota dan Sekda Solo Terkonfirmasi Positif Covid-19 

BNN menampilkan 30 orang dengan PDL dan dua unit mobil operasional; Dinas Kesehatan Kota Solo menampilkan 20 orang dengan kostum adat nusantara, satu unit mobil operasional, 12 unit ambulance, dan satu unit bus vaksin.

PLN satu unit motor listrik dan satu unit truk operasional; PDAM Kota Solo menampilkan 30 orang dengan kostum Jogo Tirto, dua unit kendaraan operasional, dan satu unit truk trailer; Disperum KPP Kota Solo menampilkan satu unit truk towing.

DPUPR Kota Solo menampilkan satu unit spider excavator, tiga unit motor operasional, satu unit mobil operasional, dan dua truk trailer; Gapensi menampilkan satu unit mobil hias, satu unit mobil crane, dan satu unit truk molen.

BPBD Kota Solo menampilkan 20 orang dengan PDL dan sembilan kendaraan operasional; Forum Relawan SAR dengan dua unit motor operasional, satu unit mobil dapur umum, satu unit mobil lurik wangi, satu unit mobil 4×4 rescue, satu unit mobil treepot.

Baca Juga: Berbagi Cinta dan Kepedulian Solia Yosodipuro Solo dengan Veteran

Damkar Kota Solo menampilkan 20 orang kostum PDL dan tiga unit damkar; PT SHA menampilkan 50 orang dengan kostum PDL, satu unit mobil operasional, dan tiga truk trailer.

Atraksi Paramotor

Polresta Solo menampilkan 25 unit sepeda angin, dua unit moge lantas, satu unit sedan patwal, satu unit mobil Dokpol, satu unit Ranmor Inafis, satu unit Resmob Reskrim, dan satu unit Rantis Ranmor Backbone Sabhara.

Batalion C Pelopor Satbrimob menampilkan empat unit Rantis, dua unit Rantis Rimueng, satu unit Rantis Wolf, dan satu unit Rantis Barracuda; Brigif Mekanis Raider 6 menampilkan dua unit Rantis PJD Hilux.

Korem 074/WRT menampilkan satu unit Truk Hias Tank dan satu unit Ranpur Anoa; TNI AU Lanud Adi Soemarmo menampilkan 14 unit Alutsita (Randurlap, Ran Operasi Penerbangan, Ran Brigade Anjing- K9), kendaraan operasional berupa sepeda motor dan ambulance.

Baca Juga: Warga Karanganyar Tumplek Blek Nonton Karnaval, Bupati Jadi RM Said

Aryo menambahkan ada dua tambahan dua kelompok/instansi yang bakal mengikuti pawai pembangunan dalam rangka HUT RI di Kota Solo. Pemkot Solo belum bisa mewadahi semua kelompok/instansi karena kuotanya sudah penuh, Selasa (16/8/2022).

Menurutnya, ada tambahan atraksi paramotor sebelum pawai dimulai dengan membawa spanduk. Iring-iringan pawai akan berangkat dari Lapangan Kota Barat pada pukul 15.00 WIB.

Untuk mendukung acara ini, Dishub menutup beberapa ruas jalan di antaranya flyover Manahan kaki utara dan timur, lalu Jl dr Moewardi, Jl Slamet Riyadi dari Gendengan ke Gladak, dan Jl Jenderal Sudirman dari Gladak sampai Tugu Pamandengan depan Balai Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya