SOLOPOS.COM - Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan Inovasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional, Wimpy (kanan), memaparkan manfaat seduhan bunga telang kepada kader Posyandu Desa Gedangan, Grogol, Sukoharjo, saat Selasa (17/11/2020) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Sate Buntel yang merupakan singkatan dari seduhan teh bunga telang ternyata bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas sehingga bisa menangkal virus termasuk Covid-19.

Berdasarkan sejumlah penelitian terbukti seduhan teh bunga telang mengandung antioksidan kuat yang bisa meredam radikal bebas. Kandungan tersebut sangat bermanfaat pada masa pandemi Covid-19 untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan Inovasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Stikesnas, Wimpy, menyampaikan hal tersebut saat penyuluhan kesehatan di Balai Desa Gedangan Grogol, Sukoharjo, Selasa (17/11/2020).

Tak Lolos Seleksi Perangkat Desa, Belasan Warga Kebonagung Madiun Protes

Hadir juga Enny Listiawati, dosen Stikesnas dan beberapa mahasiswa.“Sate Buntel ini singkatan dari seduhan teh bunga telang. Seduhan bunga ini kalau dikonsumsi proporsional ternyata dapat meningkatkan imunitas tubuh,” ujarnya.

Wimpy mengatakan seduhan bunga telang juga dapat menekan dampak buruk atau kondisi memburuk berbagai penyakit penyerta bagi orang yang terinfeksi Covid-19. Sehingga, lanjutnya, risiko kematian bisa pasien Covid-19 dengan penyerta bisa ditekan.

Penyakit penyerta pada pasien Covid-19 itu seperti diabetes melitus (DM), hipertensi, kanker, penyakit jantung, dan lainnya. “Penelitian manfaat bunga telang sudah banyak dilakukan, di Indonesia maupun luar negeri,” imbuhnya.

Talut Kali Jenes Pasar Kliwon Solo Mengkhawatirkan, Sebagian Sudah Ambrol

Wimpy menjelaskan tanaman bunga telang sangat mudah ditemukan di sejumlah wilayah Soloraya seperti Grogol dan Baki. Sebab tanaman itu cenderung tumbuh liar dan tidak memerlukan perlakuan khusus untuk bisa tumbuh dan berbunga.

Tumbuh Liar

“Bunga telang tumbuh liar. Di belakang kampus kami tanaman ini tumbuh sebagai tanaman pagar, di wilayah Baki dan Grogol banyak tumbuh di halaman-halaman rumah warga atau di lapangan. Bunga telang mudah dibudidayakan,” tambah dia.

Mengenai cara mengolah bunga telang agar siap konsumsi, menurut Wimpy, cukup dengan direbus dalam air mendidih selama 15 menit. “Komposisinya lima bagian air dan satu bagian bunga telang. Untuk konsumsi dua gelas per pekan,” tuturnya.

RSUD Karanganyar Pakai Rapid Test Antigen Untuk Deteksi Covid-19 Mulai Pekan Depan, Ini Kelebihannya

Di kalangan tenaga kesehatan, Wimpy mengatakan tanaman bunga telah mulai banyak dicari dan dikonsumsi. Sebab mereka sudah mengetahui manfaat atau kandungan bunga telang untuk menaikkan imunitas atau daya tahan tubuh.

Tapi untuk masyarakat umum dinilai belum banyak yang mengetahui khasiat seduhan bunga itu. “Dengan penyuluhan ini, kami harapkan kader Posyandu Gedangan dapat membantu menyebarkan informasi ini kepada masyarakat,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya