SOLOPOS.COM - Mural karya Young Surakarta menghiasi dinding Pasar Klewer Solo. Foto diambil Rabu (23/3/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Pengunjung Pasar Klewer Solo kini dimanjakan dengan pemandangan karya seni mural yang memenuhi beberapa spot dinding pasar. Mural karya Young Surakarta itu dikerjakan dengan CSR Bank BNI untuk rebranding Pasar Klewer.

Salah satu seniman yang terlibat dalam proses pembuatan mural tersebut, Elham Nur Fatoni, mengaku awalnya mendapat undangan kerja sama dari Bagian CSR atau Corporate Social Responsibility BNI untuk menggambar mural di Pasar Klewer.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Saya dapat kerja sama dengan CSR dari BNI. Terus waktu itu memang tujuan awal untuk renovasi dan rebranding Pasar Klewer,” ungkapnya kepada Solopos.com, Rabu (23/3/2022).

Baca Juga: Tak Cuma Belanja, 3 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Saat ke Pasar Klewer Solo

Setelah Young Surakarta menyetujui untuk kerja sama dengan CSR BNI, ia mengajukan rancangan opsional desain mural pada beberapa spot tembok Pasar Klewer Solo. “Saya membuat beberapa opsional desain yang nantinya untuk pengajuan awal rencangan pengerjaan,” urainya.

Elham menambahkan ada enam spot mural yang dikerjakan bertahap, mulai dari pintu utama sampai lantai II Pasar Klewer. Pengerjaan mural Pasar Klewer, kata Elham, memakan waktu 12 hari.

“Kalo pengerjaan awal itu mulai Desember [2021]. Satu spot kira-kira dua hari saja. Itu ada enam spot jadi sekitar 12 hari, tapi pengerjaannya bertahap, tidak langsung 12 hari full pengerjaan,” jelasnya.

Baca Juga; Jalan-Jalan ke Pasar Klewer Solo, Jangan Lupa Jajan Kuliner Enak Ini

Mural itu bertujuan untuk membuat interior bangunan Pasar Klewer Solo menjadi daya tarik tersendiri terhadap pengunjung. “Baik dari pedagang maupun pembeli bisa mengabadikan momen berbelanja dengan foto atau video dengan latar background mural,” katanya.

Mengisi Ruang Publik

Elham menambahkan seni mural bagus untuk mengisi ruang publik untuk menarik minat pengunjung. “Bagi saya itu sangat menarik karena pada dasarnya seni mural yang ada di jalanan bisa menjadi bagian penting dalam mengisi ruang ruang publik central di kota,” ujarnya.

Elham dan tim merasa tertantang untuk mengeksploari ide-ide guna membuat beberapa ilustrasi tentang Pasar Klewer dan Kota Solo sehingga menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Baca Juga:Kebakaran Pasar Klewer Solo Jadi Momen Paling Membekas di Benak Rudy

Salah satu pengunjung yang tengah duduk di sekitar karya mural Young Surakarta, Agus Bahrudin, mengatakan pembuatan mural di Pasar Klewer Solo sangat kreatif untuk membuat wajah baru pasar tekstil tersebut.

“Karyanya sangat bagus dan kreatif, tentunya karya ini menjadi daya tarik untuk pengunjung, menghias wajah baru Pasar Klewer menjadi lebih fresh,” ungkapnya saat ditemui Solopos.com di Pasar Klewer, Rabu.

Baca Juga: Catat! Syarat Masuk Pasar Klewer Solo Akan Pakai Aplikasi Peduli Lindungi

Pengunjung lain asal Wonogiri, Sinta Ayuning, mengatakan Pasar Klewer kini menjadi pasar yang modern dan tidak membosankan. Sinta menilai mural-mural di dinding Pasar Klewer sangat menarik dan desainnya menggambarkan Kota Solo.

“Ada orang membatik, memegang keris. Semoga dengan adanya mural ini dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Solo khususnya Pasar Klewer, karena sekarang sudah sangat modern, dilengkapi dengan eskalator dan lift,” katanya kepada Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya