SOLOPOS.COM - Mural protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di salah satu dinding di Kelurahan Gilingan karya mahasiswa KKN UNS Tim 118. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 dilakukan mahasiswa Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta (UNS) yang tergabung dalam kelompok 118 KKN Tematik Membangun Desa 2021 di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Tim 118 bersama warga membuat mural tentang patuhj protokol kesehatan di dinding pinggir jalan RT 05, RW 05, Kelurahan Gilingan. Mereka juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat di Kelurahan Gilingan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kegiatan KKN UNS Tim 118 dimulai pada Minggu, 29 Agustus 2021 dan selesai pada Kamis, 31 Agustus 2021. Pembuatan mural bertujuan agar masyarakat mengingat pentingnya patuh protokol kesehatan di manapun terutama di lingkungan Kelurahan Gilingan.

Baca juga: Ketahuan Langgar Prokes di Solo, Siap-Siap Tes Swab di Tempat Lur!

Selain itu, KKN UNS Tim 118 juga melakukan penyuluhan dengan memberikan informasi melalui infografis serta pamflet. Infografis berisikan tentang informasi seputar Covid-19. Sedangkan pamflet berisi penerapan protokol kesehatan 6M. Yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, meningkatkan imun, dan menaati aturan.

Penyuluhan juga disertai pembagian masker secara door to door kepada warga di Gilingan. Cara ini dilakukan guna mengindari terjadinya kerumunan masyarakat. Tentu ini berisiko terjadinya penularan virus corona atau Covid-19.

Mahasiswa KKN UNS Tim 119 juga memberikan fasilitas ember cuci tangan untuk mencegah penularan Covid-19. Pemasangan spanduk “Kawasan Wajib Memakai Masker” pada beberapa tempat di RW 05, Kelurahan Gilingan.

Baca juga: Pakar Lingkungan UNS : Pencemaran Bengawan Solo Hanya Bisa Ditangani Provinsi

KKN UNS 118
Pemasangan poster pencegahan Covid-19 oleh mahasiswa KKN UNS Tim 118 di Kelurahan Gilingan, Solo. (Istimewa)

Tak hanya itu, mahasiswa KKN UNS Tim 118 juga melakukan beberapa program kerja lain, Antara lain pendampingan belajar untuk anak TPA (Taman Pendidikan Al-Quran). Kemudian pembuatan tie dye masker, workshop lukis totebag, lomba menggambar dan mewarnai bersama anak-anak.

Mahasiswa UNS juga membuat peta persebaran fasilitas sosial dan umum di Kelurahan Gilingan untuk memudahkan warga mengakesnya. Dilanjutkan sosialisasi tentang cara menangkal hoax atau berita bohong di tengah pandemi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya