SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KOLEKSI MUSEUM-Seorang pengunjung mengamati koleksi arca di Rumah Arca atau Museum Kridanggo, akhir pekan lalu. (JIBI/SOLOPOS/Yusmei Sawitri)

Boyolali (Solopos.com) –Pengelola Museum Kridanggo atau yang dikenal dengan Rumah Arca menyatakan butuh gedung baru yang lebih representatif. Perbaikan fisik bangunan diharapkan bisa mendongkrak tingkat kunjungan wisata ke tempat tersebut.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Bangunan Rumah Arca yang terletak di kawasan Sono Kridanggo, Boyolali, saat  ini hanya memiliki luas 12 m X 12 meter. Bentuknya sangat sederhana, terbuat  dari jeruri-jeruji besi sehingga bisa dilihat dari luar. Di dalamnya tersimpan  sekitar 425 koleksi arca dari berbagai daerah di Kota Susu.

Koordinator Rumah Arca atau Museum Kridanggp, M Iskandar, berharap Pemkab  Boyolali bisa membuatkan gedung baru yang lebih representatif dan lebih luas.  Dengan demikian pihaknya bisa menata museum jadi menarik dan akhirnya bermuara  pada meningkatnya jumlah pengunjung dari masyarakat sekitar, maupun dari  daerah lain dan turis mancanegara.

“Letak tempat ini kan sudah strategis di jantung kota. Mudah dijangkau masyarakat. Kalau dibuatkan gedung baru yang bagus tentu museum ini akan lebih dilirik orang. Gedung baru sebaiknya terdiri atas ruang kepala museum, ruang pameran, ruang laboratorium dan MCK. Jika gedungnya tertutup juga lebih bagus dari sisi keamanan, walaupun sekarang pun sudah aman,” kata Iskandar ketika  ditemui Espos akhir pekan kemarin.

Iskandar menuturkan dengan luas bangunan yang ada sekarang, penataan koleksi museum menjadi kurang maksimal. Jika gedungnya dibuat besar, pihaknya bisa menata dengan pendisplaian khusus menggunakan fitrin, seperti museum-museum pada umumnya, plus keterangan lengkap. Dengan demikian pengelola dan  pengunjung sama-sama puas.

Dalam sehari, menurut Iskandar pengunjung museum rata-rata berjumlah 35 orang. Sedangkan koleksi museum ini berasal dari penemuan di berbagai kecamatan
seperti Musuk, Boyolali Kota, Ampel, Mojosongo dan Banyudono.

(yms)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya