SOLOPOS.COM - Pembeli menawar buah durian yang dijual di kawasan Pasar Kembang, Desa Keputran, Kecamatan Kemalang, Klaten, yang menjadi pusat jual-beli durian, Selasa (28/2/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Pasar Kembang, Desa Keputran, Kecamatan Kemalang, Klaten, menjadi surga bagi para pencinta durian saat musim panen raya seperti akhir-akhir ini. Pengunjung berdatangan dari berbagai daerah untuk berburu durian dan aneka buah-buahan serta sayuran.

Lokasi yang menjadi surga para pemburu durian seperti pada area pekarangan yang juga pintu masuk ke wilayah Dukuh Tempel, Desa Keputran, tak jauh dari Pasar Kembang. Di tempat itu, berderet pedagang durian mulai dari yang berjualan di kios hingga teras rumah serta pelataran kebun.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Durian aneka jenis serta ukuran ada di tempat itu. Saat akhir pekan, kawasan itu diserbu pengunjung. Tak sedikit yang datang secara berombongan menumpang kereta kelinci. Ada pula rombongan klub sepeda motor.

Tak hanya warga Klaten, pembeli berdatangan dari luar kota seperti Sleman dan Jogja. Sebagian memilih menikmati durian di lokasi itu. Salah satu kios jujugan pencinta durian di pusat penjualan durian Kemalang, Klaten, itu yakni kios Mbak Ning.

Ribuan durian bisa ludes dalam sehari terutama saat akhir pekan tiba di musim panen durian. “Alhamdulillah kalau Sabtu-Minggu itu sampai kekurangan stok. Kalau dikalkulasi itu bisa sampai 1.000-an orang yang datang saat akhir pekan,” kata salah satu pengelola kios durian Mbak Ning, Joko, 41, saat ditemui Solopos.com di kiosnya, Selasa (28/2/2023).

Joko mengatakan pusat penjualan durian itu sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, awalnya kawasan tersebut sebatas tempat transaksi petani serta pedagang durian. Lambat laun, kawasan itu semakin dikenal menjadi sentra durian.

Joko menjelaskan musim panen raya durian di Klaten biasanya antara Desember hingga Februari. Namun, di luar bulan-bulan tersebut masih bisa ditemukan durian yang dijual pedagang. Harga jual durian eceran di pusat penjualan durian Kemalang, Klaten, itu ada yang Rp35.000 per buah hingga Rp150.000 per buah.

Harga tersebut tergantung ukuran, jenis, serta kualitas buah. Semakin berkualitas, harga durian juga semakin mahal serta ada garansi dari pedagang. Ada pula yang dijual lebih murah namun kualitas apa adanya. Jenis durian yang dijual beragam seperti durian mentega, bawor, montong, musang king, dan lain-lain.

Salah satu pencinta durian asal Jogja, Dwi, 34, mengaku sering berburu durian di Pasar Kembang. Menurutnya, di tempat itu dia bisa memilih langsung durian jenis durian yang diinginkan. Soal harga, Dwi mengatakan terjangkau dengan kualitas rasa tak mengecewakan. “Biasanya cari yang durian mentega. Ada cita rasa manis pahitnya,” kata Dwi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya