SOLOPOS.COM - Muh Hatta (Dok.SOLOPOS)

Muh Hatta (Dok.SOLOPOS)

Karanganyar (Solopos.com)–Pemilik peternakan unggas diminta untuk memperhatikan kesehatan unggasnya selama musim hujan ini. pasalnya, saat hujan, biasanya dibarengi dengan peningkatan kasus penyakit hewan unggas.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) pun mengantisipasi agar kasus fu burung atau avian influenza, tidak bekembang lagi.

Kepala Disnakkan Karanganyar, Muhammad Hatta mengatakan, biasa penyakit yang disebabkan dan dibawa oleh virus H5N1 ini semakin kian berkembang dan tidak akan mati. Palagi jika kondisi cuaca sangat mendukung, seperti belakangan ini.

“Perubahan musim dari panas ke hujan secara tiba-tiba ini harus diwaspadai. Memang saat ini belum ada kasus yang dilaporkan terkait dengan unggas yang mati. Tapi sebagai langkah antisipasi, warga maupun pemilik ternak harus memperhatikan ternak yang dipeliharanya,” ujar Hatta saat ditemui wartawan, Sabtu (5/11/2011).

Yang perlu dikhawatikan, kata dia, yakni mewabahnya virus flu burung yang semula hanya terjadi pada binatang unggas, lalu beralih juga menyerang ke manusia.

Menurut catatannya, selama kurun waktu antara 2004-2007 kasus penyakit hewan unggas mengalami penurunan. Tahun-tahun setelah itu juga dilaporkan ada kasus serupa, namun masih bisa dikendalikan.

Kendati demikian, sebagai langkah kehati-hatian, ia meminta kepada warga untuk segera melaporkan ke Disnakkan bila ada unggas yang mati mendadak tanpa sebab.

(fas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya