SOLOPOS.COM - Agrowisata dan waterpark Telaga Kusuma, Jumantono, Karanganyar. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Objek wisata di Kabupaten Karanganyar dibanjiri pengunjung selama libur sekolah dan Natal 2022. Jumlah kunjungan wisatawan naik hingga 100 persen dalam sepekan terakhir ini.

Salah satu objek wisata yang dibanjiri pengunjung, yakni Agrowisata dan Waterpark Telaga Kusuma di Desa Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono. Meski baru sebulan dibuka, jumlah kunjungan wisatawan ke lokasi tersebut mencapai 2.000 orang per hari.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Desa (Kades) Tunggulrejo, Parno Karyo Sumarto, mengatakan sejak musim libur sekolah, jumlah pengunjung ke Telaga Kusuma naik signifikan. Di hari biasa jumlah pengunjung hanya 500 sampai 1.000 orang. Namun sepekan terakhir pengunjung harian mencapai 2.000 orang, dan 3.000 orang di akhir pekan.

“Ada kenaikan pengunjung karena memang sudah libur sekolah,” kata dia kepada Solopos.com, Minggu (25/12/2022).

Sementara di libur Natal ini, dia mengaku objek wisata Telaga Kusuma terlihat sedikit sepi. Hal ini dikarenakan hujan yang mengguyur wilayah tersebut sejak Minggu pagi.

Baca Juga: Dijamin Murah! Ada Paket Wisata Jeep Adventure di Resto Bale Botram Karanganyar

Kunjungan wisatawan sejauh ini masih didominasi dari wilayah Soloraya. Sedangkan pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia yang tengah mudik belum banyak yang berwisata di libur Natal ini. Dia memperkirakan jumlah kunjungan wisatawan membeludak hingga awal tahun nanti.

“Kami menyiapkan hiburan musik bagi pengunjung di Telaga Kusuma selama libur Natal dan Tahun Baru. Jadi, mereka bisa menikmati musik dangdut dan lainnya,” katanya.

Diakuinya, Telaga Kusama kini menjadi salah satu primadona wisata di Karanganyar. Wisatawan memilih berwisata ke Telaga Kusuma karena berada di lokasi jauh dari kemacetan.

Berbeda di Tawangmangu dan Ngargoyoso, yang kini semakin padat bahkan kerap terjadi kemacetan di sana. Di Telaga Kusuma, pengunjung juga akan disuguhi pesona alam Gunung Lawu.

Baca Juga: Musim Libur Nataru, Perantau Jatipuro dan Jatiyoso Mulai Berdatangan

Di agrowisata ini, pengunjung disuguhi taman-taman cantik dengan aneka bunga. Kemudian terdapat kafe dan resto serta gazebo di berbagai lokasi.

Selain itu juga dibangun empat kolam renang anak dan dewasa lengkap dengan seluncurannya. Saat ini tengah dibangun tempat khusus snorkling (masih dalam pengembangan). Pengunjung bisa bersnorkling ria dengan pemandangan ikan-ikan cantik.

Guna masuk ke destinasi wisata tersebut, pengunjung hanya ditarik Rp10.000 per orang pada hari Senin-Jumat. Sementara di akhir pekan atau libur nasional pengunjung ditarik tiket masuk Rp15.000 per orang. Tiket masuk tersebut sudah termasuk wahana waterpark.

“Namun di tanggal 25 Desember dan 1 Januari, tiketnya kami naikkan menjadi Rp20.000 per orang,” imbuhnya.

Baca Juga: Jutaan Pemudik Diprediksi Plesiran ke Karanganyar di Libur Nataru

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan jutaan pemudik diprediksikan masuk ke wilayah Kabupaten Karanganyar saat musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Lonjakan mobilisasi masyarakat ini bakal memadati objek-objek wisata yang ada.

“Akan terjadi ledakan wisatawan yang luar biasa saat Natal dan Tahun Baru ini. Mau tidak mau Karanganyar yang selama ini menjadi tujuan wisatawan, harus siap-siap,” katanya.

Berbagai persiapan menghadapi libur Nataru ini telah dilakukan. Pemkab berkoordinasi dengan jajaran Polres dan Kodim dalam pengamanan Nataru di Bumi Intanpari (sebutan Kabupaten Karanganyar).

Pengamanan tersebut juga melibatkan berbagai unsur masyarakat. Para pelaku wisata diminta ikut bersiap menyambut kedatangan jutaan pemudik tersebut.

Baca Juga: Ada Buka Tutup Jalan Menuju Kemuning Karanganyar, Ini Rute Alternatifnya

Menurutnya, Kabupaten Karanganyar memiliki pesona alam yang luar biasa. Berada di kawasan Lereng Gunung Lawu, Karanganyar menjadi tujuan wisatawan untuk berlibur.

“Ini momentum bagus bagi semuanya. Jangan disia-siakan dengan kunjungan wisatawan,” katanya.

Di malam pergantian tahun nanti, Bupati mengatakan ada beberapa event yang akan digelar Pemkab Karanganyar. Selain meresmikan jembatan kaca Sky Hills di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso juga akan digelar selawatan bersama Gus Ali Gondrong di lapangan Alun-alun setempat.



Pemkab mengajak masyarakat berselawat di malam pergantian tahun 2022-2023. Dengan harapan meraih optimisme dan yakin maju di 2023 mendatang.

Baca Juga: Lowongan Kepala Diskominfo dan Disparpora Karanganyar Sepi Peminat

Sebagai puncak acara, Pemkab akan menghadiahi warga dengan pesta kembang api terdahsyat tepat pukul 00.00 WIB.

“Pesta kembang api bisa disaksikan warga. Kami akan gunakan sistem remot sehingga pesta kembang apinya benar-benar spektakuler,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya