SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KARANGANYAR — Pihak kepolisian mendeteksi munculnya seorang warga Karanganyar yang mengaku nabi palsu. Kini, polisi terus melakukan pengawasan dan pemantauan orang yang mengaku nabi palsu tersebut.

Hal ini dikemukakan Kapolres Karanganyar, AKBP Nazirwan Adji Wibowo seusai penyampaian visi dan misi 2013 di Gedung Wanita, Selasa (29/1/2013). Pihaknya mendapatkan laporan terkait munculnya nabi palsu di Karanganyar beberapa bulan silam. Kendati demikian, Kapolres enggan membeberkan identitas dan alamat nabi palsu tersebut.
“Yang terbaru, ada laporan mengenai nabi palsu di Karanganyar. Kami akan mengawasi dan memantau nabi palsu tersebut,” katanya saat ditemui wartawan, Selasa siang.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pihaknya juga telah melaporkan munculnya nabi palsu tersebut kepada Bupati Karanganyar. Tentunya, para tokoh masyarakat (toma) dan tokoh agama (toga) bakal dilibatkan untuk memantau penyebaran aliran nabi palsu yang ditengarai menyesatkan.

Dikhawatirkan, apabila tidak diawasi sejak dini maka jumlah pengikut nabi palsu tersebut bakal bertambah. Tak hanya itu, penyebaran aliran yang dilakukan nabi palsu tersebut patut mendapatkan perhatian serius karena menjadi potensi konflik.

“Ini salah satu penyebab konflik, makanya harus diawasi sejak dini termasuk toma dan toga,” ujarnya.

Dia mencontohkan kasus pengrusakan rumah milik salah satu pengikut ingkar sunnah yang terjadi pada 2012 silam. Kasus tersebut harus dirampungkan dengan mempertemukan pihak terkait dengan para toga di Karanganyar. Sehingga permasalahan tersebut tidak melebar hingga mengakibatkan konflik horizontal. “Sudah dilaporkan langsung ke Bupati Karanganyar, jangan sampai berpotensi menimbulkan konflik masyarakat,” papar Kapolres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya