SOLOPOS.COM - Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Solo, Daryono (kiri), saat konferensi pers di Kantor DPD PKS Solo, Jumat (16/2/2024) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Solo mengklaim berhasil mengamankan sembilan kursi DPRD Solo dalam Pemilu 2024.
Bahkan perolehan itu berpotensi bertambah satu kursi.

Penjelasan tersebut disampaikan Ketua DPD PKS Solo, Daryono, saat konferensi pers di kantornya, Jumat (16/2/2024) siang. Keyakinan PKS mendasarkan penghitungan yang dilakukan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Penghitungan dilakukan mendasarkan 95% Form C Hasil Pemilu di semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Solo. Dari data tersebut menurut Daryono suara PKS Solo mengalami kenaikan signifikan, sekitar 25,09 persen.

“Kami rekapan belum 100 persen, baru sekitar 95%. Itu alhamdulillah kami ada peningkatan suara, bahwa Pemilu 2024 itu kami mendapatkan suara sebesar 15,7%. Angka itu naik 25 persen dari Pemilu 2019,” ujar dia.

Dengan perolehan suara sebanyak itu, menurut Daryono, PKS mendapatkan sembilan hingga 10 kursi DPRD Solo. Kursi PKS didapat masing-masing dua kursi dari lima daerah pemilihan (Dapil) di Solo. Tapi ada satu dapil yang masih meragukan.

“Alhamdulillah kami sampaikan bahwa di semua dapil, PKS insya Allah dapat dua kursi. Hanya satu dapil yang potensi dua kursinya masih ragu-ragu. Tapi empat dapil lainnya sudah fix. Kami tunggu rekapitulasi sampai tuntas,” urai dia.

Ihwal Dapil di mana perolehan dua kursi PKS masih meragukan, menurut Daryono di Dapil IV Solo, meliputi Nusukan, Banjarsari, Kadipiro dan Joglo. Daryono mewakili jajaran DPD PKS Solo menyampaikan terima kasih ke semua pihak.

“Terima kasih untuk semua masyarakat Solo, jajaran pengurus PKS dari kota sampai ranting, semua saksi, sekaligus seluruh Caleg, simpatisan. Karena alhamdulillah di Pemilu 2024 ini kami mendapatkan kenaikan yang signifikan,” kata dia.

Daryono menjelaskan PKS mendapatkan lima kursi DPRD Solo pada Pemilu 2019. Tapi menurut dia sejatinya suara PKS sudah melebihi satu kursi per dapil. “Suara PKS sudah lebih satu kursi. Cuma kurang sedikit,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya