SOLOPOS.COM - Petugas keamanan dari TNI dan Polri berjaga di depan Gereja Joyodiningratan Kratonan Serengan Solo, Minggu (24/12/2017). (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos)

Danramil Serengan dibuat kagum dengan suasana penuh toleransi di Kratonan, Solo.

Solopos.com, SOLO — Koramil 03 Serengan Kodim 0735 Solo mulai intensif mengamankan perayaan Natal di sejumlah gereja wilayah Serengan. Pengamanan intensif ini dimulai Sabtu (23/12/2017) hingga Senin (1/1/2018).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Danramil 03 Serengan, Kapten Inf. Subardi, menjamin pasukannya akan bertugas mengamankan Natal semaksimal mungkin. Bersama kepolisian mereka memastikan umat Kristiani bisa beribadah dengan tenang baik saat Perayaan Malam Natal, nanti malam, maupun Perayaan Natal, Senin.

Pada Minggu pagi, Danramil bersama anggotanya memantau sejumlah gereja dan mengecek kesiapan pasukannya yang sudah bertugas di gereja-gereja. Di Gereja Joyodiningratan Kratonan, Gereja Coyudan Jayengan, serta Gereja Cabang Coyudan di Joyotakan, ibadah kebaktian berjalan lancar.

”Kami sebagai kesatuan kewilayahan bersama kepolisian akan semaksimal mungkin menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan masyarakat khususnya di lingkungan gereja kondusif, ” kata Subardi saat berbincang dengan Solopos.com, seusai patroli.

Dia juga mengimbau seluruh masyarakat dapat saling menjaga dan menghargai toleransi antarumat beragama. Salah satu contohnya adalah Gereja Joyodiningratan yang berdampingan dengan Masjid Al Hikmah. Subardi salut dengan toleransi antarjemaah baik jemaah masjid maupun gereja.

“Kebetulan untuk di Solo keberadaan dua tempat ibadah ini dijadikan percontohan toleransi antarumat beragama. Kami harap hal ini bisa dijaga dan dipertahankan,” kata Subardi.

Dia salut karena pengurus masing-masing tempat ibadah itu selalu bekerja sama dan saling membantu saat menjelang peringatan hari besar agama. “Pagi ini kami juga cek babinsa kami di lapangan. Kami minta mereka melaksanakan tugas dan tanggung jawab pengamanan dengan bersungguh-sungguh. Saya kasih contoh, Serka Yudhi Widianto walaupun semalam sudah mengamankan di Gereja Joyodiningratan tapi pagi ini masih tetap kelihatan segar. Termasuk Serma Komi di Coyudan dan Kopda Catur di Joyotakan,” papar Subardi.

Sementara itu, Pendeta Nunung Istining Hyang, yang memimpin kegiatan di Gereja Joyodiningratan, Kratonan, mengucapkan terima kasih kepada TNI dan kepolisian yang telah mengerahkan anggotanya dalam kegiatan ibadah Natal di gereja.

“Tentu dengan adanya pasukan dari TNI maupun Polri kami para jemaat gereja merasa Iebih nyaman dalam melaksanakan ibadah,” tutur Pendeta Nunung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya