SOLOPOS.COM - Mobil dinas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang ditinggalkan di barat Viaduk Gilingan, Solo, Rabu (26/4/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso).

Solopos.com, SOLO – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sempat menerima video warga setempat mendobrak pagar proyek untuk akses pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed yang memarkir kendaraan di barat Viaduk Gilingan.

Gibran kemudian meminta warga tidak melakukan hal yang membahayakan dengan mendobrak seng pagar proyek. Pagar tersebut dipasang dengan maksud tertentu agar pembangunan berjalan lancar dan aman.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Aksi nekat pendobrakan pagar proyek itu yang kemudian menjadi alasan Gibran meninggalkan mobil dinas di barat Viaduk Gilingan, Solo.

Menurut Gibran, pengunjung yang parkir di barat Viaduk Gilingan tidak tahu akses menuju Masjid Raya Sheikh Zayed. Sementara, jika diarahkan warga untuk melewati lokasi proyek bakal berbahaya.

Sebelumnya ia mengaku sudah memberikan peringatan kepada warga, namun mereka ngeyel. Banyak pengunjung yang kemudian melewati viaduk Gilingan yang seharusnya tak boleh dilewati.

Sementara, jika melewati jalur yang aman, Gibran mengatakan pengunjung dari arah barat harus memutar agak jauh menuju Masjid Raya Sheikh Zayed selama akses viaduk ditutup untuk pembangunan.

Dalam kesempatan itu, Gibran kembali menegaskan larangan Jl A. Yani, tepatnya barat Viaduk Gilingan untuk parkir.

Gibran mengatakan pembangunan viaduk Gilingan rampung akhir Mei 2023. Pengunjung nantinya akan mendapatkan akses mudah menuju masjid hibah Uni Emirat Arab (UEA).

UPTD Dishub

Sebelumnya, Kepala UPTD Pengelolaan Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo Haryono Nugroho mengatakan semula wilayah Jalan A. Yani yang boleh digunakan untuk area parkir hanyalah sisi utara Masjid Raya Sheikh Zayed dan Jalan Mentawai di timur Masjid Raya Sheikh Zayed.

Namun, jika ada kegiatan bersifat darurat seperti ketika salat Idulfitri bersama Presiden Joko Widodo, Jalan A. Yani sisi utara Masjid Raya Sheikh Zayed dan Jalan Mentawai wajib steril.

“Keputusan dengan seluruh jajaran [lintas instansi] mengarahkan parkir ke barat dulu. Memfasilitasi warga [pengunjung] tidak untuk parkir pejabat dan sebagainya,” ujarnya.

Namun, lanjut Haryono, kondisi kunjungan Masjid Raya Sheikh Zayed ramai waktu libur Lebaran 2023 dan pembangunan Viaduk Gilingan belum mulai selama libur Lebaran 2023.

Hal itu membuat warga mengelola parkir di sekitar Jalan A. Yani sampai Rabu sore atau sebelum akses ditutup.

Haryono mengatakan warga mengelola parkir di Jalan A. Yani sisi barat viaduk Gilingan serta sejumlah kantong parkir lain. Padahal, Jalan A. Yani sisi barat viaduk Gilingan tidak boleh untuk parkir karena kebutuhan proyek pembangunan Viaduk Gilingan.

“Lha ini tadi coba kami kumpulkan warga. Kalau arahannya steril, kami sterilkan,” kata Haryono

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya