SOLOPOS.COM - Jajaran pengurus DPC Partai Gerindra Solo dan 45 bacaleg  berfoto bersama seusai mendaftarkan diri ke KPU Solo, Sabtu (13/5/2023) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Partai Gerindra Solo mendaftarkan 45 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) mereka untuk bertarung memperebutkan kursi DPRD Solo di Pemilu 2024, Sabtu (13/5/2023). Mereka menargetkan 10 hingga 11 kursi dalam pesta demokrasi lima tahunan itu.

Target kursi sebanyak itu dicanangkan Partai Gerindra Solo agar bisa mengusung Kaesang Pangarep sebagai calon Wali Kota Solo. Hal itu disampaikan Ketua DPC Partai Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, kepada wartawan. “Kami optimistis target 10 kursi bisa kami dapat. Dengan begitu kami bisa mengusung sendiri [Cawali-Cawali Solo] tanpa harus koalisi. Saya akan menemui Mas Kaesang untuk membicarakan rencana pencalonan tersebut,” ujar dia.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Tapi dalam beberapa hari ke depan, menurut Ardianto, pihaknya akan fokus terlebih dulu menyelesaikan administrasi pendaftaran bacaleg. Kemungkinan rencana untuk menemui Kaesang baru bisa diupayakan pekan depan.

Terkait rencana menemui Kaesang, Gerindra tidak melibatkan sang kakak, Gibran Rakabuming Raka. Disinggung strategi mendapatkan 11 kursi DPRD Solo, Ardianto mengaku dengan mengusung bacaleg petarung. Sebagai info, ada empat bacaleg  Gerindra yang sebelumnya merupakan kader parpol lain dan pernah jadi anggota DPRD Solo.

Salah satunya adalah Kristanto. Warga Kelurahan Pajang, Laweyan, Solo ini pernah menjadi Anggota DPRD Solo periode 2014-2019. “Kemudian Pak Murjianto dari Pasar Kliwon dan Serengan, dan Mas Surono dari Jebres. Semua dulunya dari PDIP. Satu lagi Mas Suranto [sebelumnya] dari Partai Demokrat,” tutur dia.

Nama yang disebut terakhir, menurut Ardianto, pernah menjadi anggota DPRD Solo dua periode. Selain menampung empat bacaleg eks kader parpol lain, Gerindra Solo juga mengusung beberapa bacaleg mantan birokrat.

“Ada Pak Hasta Gunawan mantan Kepala Dinas Pariwisata Solo, Pak Budi mantan Sekretaris Dinas Pariwisata, Pak Renggo pernah menjadi Lurah Banjarsari, pensiun di Satpol PP Solo. Para bacaleg kami ini luar biasa,” urai dia.

Mereka disebut kerap terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat untuk menggalang dukungan. “Saya lihat mereka grass root-nya sudah bergerak untuk menjalin kekuatan di wilayah, utamanya anak-anak muda,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya