SOLOPOS.COM - Hasil simulasi dua pasangan Cawali-Cawawali Solo 2024 versi lembaga Solo Raya Polling yang dirilis, Selasa (26/3/2024). (Istimewa/Tangkapan layar Solo Raya Polling)

Solopos.com, SOLO—Lembaga Solo Raya Polling melakukan pemetaan kekuatan partai-partai politik di Kota Solo. Lembaga yang dipimpin Dosen Unisri, Suwardi itu, juga mensimulasikan potensi pasangan Cawali-Cawawali Solo 2024.

Berikut hasil simulasi Solo Raya Polling yang dirilis pada Selasa (26/3/2024) di Warteg Bolodewe Manahan, Solo:

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

1. Dua pasangan Cawali-Cawawali

Dalam simulasi ini diprediksi terjadi dua poros politik, yaitu koalisi PDIP dan PKB melawan koalisi gabungan partai politik. Di koalisi PDIP-PKB, Teguh Prakosa menjadi Cawali dan Mashuri sebagai Cawawali. Sedangkan di koalisi gabungan parpol, MN X sebagai Cawali dan Sekar Tandjung Cawawali.

Di skenario itu kemungkinan PKS tidak akan bergabung ke koalisi mana pun. Di sisi lain ada kemungkinan PDIP berkoalisi dengan PKS yang mengusung Sugeng Riyanto sebagai Cawawali dari Teguh Prakosa. Bila benar itu yang terjadi, PKB berpotensi bergabung dengan koalisi gabungan parpol.

2. Tiga pasangan Cawali-Cawawali

Dalam simulasi ini, diprediksi PDIP akan berkoalisi dengan PKB, melawan koalisi gabungan parpol yang mengusung MN X dan Sekar Tandjung. Di poros ke tiga ada koalisi PKS. Namun PKS butuh tambahan sedikitnya dua kursi untuk bisa mengusung pasangan Cawali-Cawawali Solo.

3. Satu pasangan Cawali-Cawawali

Di skenario satu pasangan Cawali-Cawawali Solo yang diusung semua parpol, ada dua kemungkinan sosok Cawali-Cawawali Solo. Mereka yaitu duet MN X dengan Teguh Prakosa, atau duet Kaesang Pangarep dan Teguh Prakosa. Bila koalisi ini terbentuk, hampir pasti kemenangan sudah di tangan. Sebab koalisi itu menggabungkan dua poros utama kiblat politik di Solo.

“Satu pasangan dimungkinkan kalau ada rekonsilitasi antara Pucangsawit dan Sumber. Nanti bisa Gusti Bhre dan Teguh, atau Kaesang dan Teguh. Kalau koalisi ini muncul, saya percaya tidak ada yang berani melawan. Partai-partai lain akan mendukung,” terang Direktur Solo Raya Polling, Suwardi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya