SOLOPOS.COM - Ilustrasi Solo Menari. (Dok)

Solopos.com, SOLO —Memperingati hari tari sedunia, Solo Menari 2023 akan digelar selama satu hari penuh pada Sabtu (29/4/2023). Sutradara Solo Menari 2023, Boby Ari Setiawan, mengatakan acara ini akan dilaksanakan di beberapa lokasi ikonik Kota Solo. Di antaranya meliputi koridor Ngarsopuro, Pasar Gede, Paragon Mall, Kampung Wisata Batik Kauman, Balai Kota Solo, dan Koridor Gatot Subroto.

“Jadi memang menggarap ruang, menggarap titik-titik untuk bagian ikonnya kota solo. Sebuah kolaborasi, tidak hanya kolaborasi tari, tapi juga kolaborasi ruang,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Senin (3/4/2023).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pembukaan Solo Menari 2023 akan mengundang Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka bersama istri. Acara akan di buka mulai pukul 08.00 WIB dengan penampilan tarian Bedhayan Naradipta di Koridor Ngarsopuro.

Tarian Bedhayan Naradipta akan melibatkan ratusan penari perempuan sebagai adaptasi tarian bedhaya di Kota Solo. Acara puncak di Ngarsopuro tersebut akan dimeriahkan dengan parade becak.

“Puncak pembukaan akan ada parade becak, ada sekitar 50 becak yang akan membuat parade dinaiki oleh tokoh-tokoh tari. Dari Ngarsopuro menuju ke Balai Kota,” terang dia.

Kemudian, Solo Menari akan bergeser dari Ngarsopuro ke Pasar Gede pada siang harinya. Di depan Pasar Gede, Solo Menari 2023 akan mempersembahkan sebuah Tarian Ramayana. Tarian ini rencananya dipentaskan dari pukul 12.30 WIB sampai 14.00 WIB.

Lanjut lagi ke ikon Kota Solo lainnya, dari Pasar Gede ke Kampung Batik Kauman. Acara Solo Menari 2023 yang berlatar di sana akan bertajuk Kauman Menari.

Acara tersebut akan digelar pada pukul 15.30 WIB sampai 16.30 WIB. Kemudian, Solo Menari 2023 berlanjut di Paragon Mall pada 17.00 WIB sampai 18.30 WIB. Acara di lokasi ini dikonsep layaknya modern dance.

“Menggunakan seluruh ruang yang ada di lantai paragon mall. Dari lantai I sampai yang paling atas,” jelasnya.

Di waktu malam, Solo Menari 2023 masih tak berhenti menghibur masyarakat kota Solo. Para penari akan menampilkan tari-tarian rakyat di depan balai kota.

“Semacam membuat pasar malam. Mulai 19.30 WIB,” ucap dia.

Ada pun puncak acara Solo Menari akan digelar di Jalan Gatot Subroto. Persembahan tarian saat puncak acara Solo Menari akan melibatkan komunitas urban. Acara puncak akan digelar mulai pukul 21.30 WIB.

Menurut Boby, Gatsu dinilai sebagai ruang baru yang menjadi wadah percampuran budaya yang ada di Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya