SOLOPOS.COM - Cuaca cerah berawan pada senja hari di Rawa Jombor, Klaten. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN–Pentas musik terapung dan festival perahu rakit bakal digelar di Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Jumat (4/8/2023) sore hingga malam.

Rangkaian kegiatan pentas musik terapung, festival perahu, serta pesta kembang api di Rawa Jombor itu merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-219 Kabupaten Klaten serta menyambut HUT ke-78 RI.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Rangkaian kegiatan bakal dimulai dari pukul 16.00 WIB dengan menghadirkan sejumlah band. Band yang bakal pentas yakni Pion Band, Babylon Band, 7Second Band, L Band, dan bintang tamu Ngatmombilung. Festival perahu rakit rencananya dimulai sekitar pukul 18.30 WIB.

Kabid Pariwisata Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, Purwanto, mengatakan festival perahu rakit akan diikuti 25 perahu rakit di Rawa Jombor.

“Festival perahu rakit ini nanti dilombakan. Di akhir perlombaan itu perahu-perahu akan membuat formasi angka 219 dan 78,” kata Purwanto saat ditemui Solopos.com di SMKN 3 Klaten, Kamis (3/8/2023) siang.

Kritera penilaian festival perahu rakit di antaranya kreasi seni serta keamanan. Pada ajang tersebut, keamanan menjadi faktor penting yang dinilai dari masing-masing perahu rakit yang ditampilkan.

“Kami tekankan untuk safety-nya. Harus ada jaket pelampung dan lain-lain. Harapan kami, dengan ajang ini nanti para pemilik perahu rakit akan lebih memperhatikan faktor keamanan pengunjung dari perahu-perahu yang dioperasikan,” jelas dia.

Sebagai informasi, perahu rakit menjadi daya tarik wisata di Rawa Jombor. Perahu-perahu wisata hilir-mudik mengelilingi waduk seluas 198 hektare (ha). Saat malam, perahu yang lalu lalang menerangi kawasan perairan dengan warna-warni lampunya.

Perahu-perahu dihias dengan aneka ornamen untuk menarik wisatawan berdatangan. Selain perahu, ada speed boat yang menjadi daya tarik wisata lainnya di kawasan waduk tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya