SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kali Samin (Dok/JIBI/Solopos)

ILUSTRASI (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SUKOHARJO--Pemkab Sukoharjo menganggarkan dana Rp1miliar untuk kegiatan normalisasi Kali Wates di Kecamatan Nguter. Proyek itu dalam rangka menanggulangi banjir yang kerap menerjang areal sawah dan permukiman warga beberapa desa di Nguter.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukoharjo, Joko Widodo, menyatakan dana kegiatan normalisasi Kali Wates di Kecamatan Nguter berasal dari bantuan Pemprov Jateng. Menurut dia proyek itu saat ini masih dalam tahap survei dan diharapkan sudah mulai direalisasikan bulan Maret mendatang.

“Sekarang masih proses survei. Jadwalnya nanti Februari dilelangkan dan sekitar bulan Maret mulai pengerjaan. Anggaran dana dialokasikan Rp1 miliar untuk kegiatan normalisasi Kali Wates,” ungkapnya ketika ditemui Solopos.com di Kantor DPU, Jumat (13/1/2012).

Joko menegaskan normalisasi Kali Wates mendesak dilakukan guna mengurangi risiko banjir di sejumlah desa di Kecamatan Nguter. Dia menjelaskan normalisasi sungai akan dilakukan dengan perbaikan alur dan pengerukan lumpur sedimen. Hal itu, lanjutnya, karena selain terjadi penyempitan, Kali Wates selama ini juga mengalami pendangkalan parah.

Ia menambahkan proses normalisasi setidaknya membutuhkan waktu sekitar tiga bulan. Karena itu jika sesuai jadwal dan tidak ada kendala, kegiatan diperkirakan sudah bisa selesai sebelum pertengahan tahun.

(JIBI/SOLOPOS/Triyono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya