SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ramadan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Tiga organisasi kemasyarakatan Islam, yakni Nahdlatul Ulama (NU), Jemaat Muslim Ahmadiyah (JAI), dan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Kota Solo serentak melaksanakan ibadah puasa Ramadan mulai Minggu (3/4/2022).

Hal itu sesuai ketetapan hasil sidang isbat Kementerian Agama (Kemenag) RI yang memutuskan 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada hari Minggu (3/4/2022). Keputusan tersebut disampaikan Menteri Agama RI, Yaqut Chollil Qoumas, seusai pelaksanaan sidang isbat (penetapan) awal Ramadan 1443 Hijriah, Jumat (1/4/2022).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Karena itu diputuskan 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada hari Minggu [3/4/2022],” ujar Menteri Agama saat mengumumkan hasil sidang isbat yang disiarkan berbagai stasiun televisi nasional.

Baca Juga: Awal Puasa Ramadan 2022 Tak Sama? Ini Beda Metode NU dan Muhammadiyah

NU, JAI, dan LDII di Kota Solo juga mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan mulai Minggu (3/4/2022). Penetapan awal Ramadah oleh NU didasarkan pada hasil rukyatul hilal bil fi’li oleh tim rukyatul hilal PBNU.

Hasilnya menetapkan 1 Ramadan 1443H jatuh pada Minggu Wage (3/4/2022). Sementara Jemaat Muslim Ahmadiyah (JAI) atau Ahmadiyah di Solo menyatakan mereka mengikuti hasil keputusan Kemenag RI.

JAI Solo mulai menjalankan ibadah puasa mulai Minggu (3/4/2022). Mereka mulai melaksanakan salat tarawih Sabtu malam. “Betul [mulai puasa Minggu]. Tadi malam sudah mulat salat tarawih,” jelas Muballigh Ahmadiyah Solo, Muhaimin Khairul Amin, kepada Solopos.com, Minggu.

Baca Juga: Kemenag Umumkan Ramadan Mulai Minggu, Jamaah Masjid Agung Solo Kecele

Keputusan Kemenag

Dalam penetapan 1 Ramadan 1443 H, JAI Solo berusaha mengikuti keputusan Kemenag RI. “Kami mengikuti pemerintah. Dalam hal ini Kementerian Agama,” jelas Muhaimin mengenai tanggal mulai puasa Ramadan.

Sementara itu, umat Muhammadiyah di Solo telah mulai menjalankan ibadah puasa sejak Sabtu (2/4/2022). Penetapan 1 Ramadan 1443 H tersebut didasarkan pada hasil hisab hakiki wujudul hilal Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Salah satu mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang merupakan warga Muhammadiyah, Hasan Surya, mengatakan ia telah mulai menjalankan puasa Ramadan sejak Sabtu (2/4/2022).

Baca Juga: Takmir Masjid Agung Solo Fasilitasi Salat Tarawih 8 Rakaat & 20 Rakaat

Hasan yang telah lima tahun tinggal di Solo mengaku saat buka puasa pertamanya tahun ini, ia ditemani kawan-kawan kuliahnya meski mereka berbeda tanggal awal puasa.

“Iya sudah [puasa sejak Sabtu]. Tapi kemarin sama teman-teman buka puasanya, mereka belum mulai [puasa],” jelas Hasan saat dihubungi Solopos.com, Minggu (3/4/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya