SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Bupati Karanganyar, Juliyatmono bakal bertarung dengan sejumlah tokoh politik lokal, nasional, hingga petahana untuk meraih kursi sebagai wakil rakyat di DPR melalui daerah pemilihan (Dapil) IV Jawa Tengah.

Dapil IV Jawa Tengah meliputi Kabupaten Karanganyar, Sragen, dan Wonogiri ini disebut Dapil neraka yang diperebutkan para bakal calon legislatif (bacaleg). Mereka berebut menjadi anggota DPR dari total alokasi tujuh kursi di Dapil IV Jawa Tengah.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Juliyatmono menanggapi gembira dengan sebutan Dapil IV Jawa Tengah sebagai Dapil Neraka ini. Menurutnya Dapil IV Jawa Tengah bukanlah Dapil Neraka, melainkan Dapil Surga.

“Bagus dan menggembirakan. Bukan Dapil Neraka, tapi ini Dapil Surga,” kata Juliyatmono ketika berbincang dengan Solopos.com, Rabu (5/7/2023).

Juliyatmono menilai semua calon memiliki peluang dan kesempatan sama. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada warga yang akan memilih siapa calon dipilihnya untuk duduk sebagai wakil rakyat.

Juliyatmono pun tak mempermasalahkan harus bertarung dengan tokoh lokal, nasional, petahana sampai pendatang baru di Pemilu 2024 nanti.

Berdasarkan data dihimpun Solopos.com, sejumlah nama bacaleg DPR bakal bertarung di Dapil IV Jawa Tengah di antaranya politikus PDIP, Paryono, Dolfie O. F.P, Bambang Wuryanto, dan putri sulung Puan Maharani bernama Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari.

Cucu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang dikenal Pinka Haprani ini mengikuti jejak Puan terjun ke kancah politik. Selain Pinka Haprani, pendatang baru lainnya siap bertarung di Dapil IV Jawa Tengah juga datang dari Bupati Karanganyar Juliyatmono. Politisi Partai Golkar senior ini maju nyaleg dengan Endang Maria Astuti (petahana).

Kemudian dari PKS, selain petahana Hamid Noor Yasin juga menugaskan Andri Budiono sebagai Bacaleg DPR di Dapil IV. Sebelumnya Andri Budiono selama dua periode sebagai anggota DPRD Karanganyar.

PKB menempatkan Luluk Nur hamidah, petahana yang saat ini masih menjadi anggota DPR serta Tatag Prabawanto, mantan Sekda Kabupaten Sragen.

Pendatang baru yang juga akan bertarung menuju kursi DPR adalah politisi Partai Gerindra, Sriyanto Saputro. Saat ini Sriyanto masih menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah.

“Tinggal serahkan ke masyarakat saja. Siapa yang dipilih,” kata dia.

Ditanya strategi menghadapi pertarungan itu, Juliyatmono enggan membeberkannya. Saat ini, Partai Golkar tengah proses menyelesaikan perbaikan berkas persyaratan bacaleg. Dalam perbaikan ini partai sekaligus menata kembali bacalegnya.

Sebelumnya, saat pendaftaran Partai Golkar belum menyusun nomor urut bacalegnya. Termasuk dirinya belum mendapatkan nomor urut saat pendaftaran lalu.

“Masih acak alpabet saja. Nanti setelah perbaikan ini sudah ditata sesuai nomor urut. Berapa nomor urut saya, tunggu nanti,” kata dia.

Diketahui perolehan kursi hasil Pemilu legislatif (pileg) 2019 lalu dari Dapil IV Jawa Tengah, PDIP berhasil meraih empat kursi, PKB satu kursi, PKS satu kursi serta Partai Golkar satu kursi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya