SOLOPOS.COM - Salah satu kandidat Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Solo, Ferry Septha Indrianto, saat berbincang dengan wartawan, Senin (14/11/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLOPengusaha sukses asal Solo, Ferry Septha Indrianto, maju sebagai calon Ketua Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Solo. Ia bercita-cita ingin mewujudkan konsorsium Soloraya guna mengembangkan beragam potensi unggulan di masing-masing daerah.

Konsorsium daerah menjadi terobosan bisnis baru disokong transformasi digital di sektor usaha. Ferry merupakan entrepreneur muda yang lahir dan besar di Kota Solo.  Alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti Jakarta itu memiliki sederat lini bisnis yang dirintis sejak beberapa tahun lalu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Lini bisnis tersebut antara lain infrastruktur dan konstruksi seperti proyek pembangunan jalan layang kereta api (KA) Bandara Adi Sumarmo dan pembangunan jalur KA di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Usaha yang digeluti lainnya yakni otomotif dan perhotelan.

Calon Ketua Kadin Solo itu menjalankan roda bisnis dengan membuka showroom mobil di Jakarta. Dia juga merancang desain, konstruksi hingga operator sejumlah hotel berbintang dua dan tiga di Kota Bengawan.

“Saya ingin berjuang bersama-sama para pejuang usaha di Soloraya. Kuncinya ada kolaboratif dan adaptif dengan perkembangan zaman,” katanya saat ditemui wartawan di Bolo Dewe Resto, Manahan, Senin (14/11/2022) malam.

Baca Juga: Kota Solo Terpilih Jadi Lokasi Munas Hipmi, Bakal Diikuti 1.500 Orang

Pria kelahiran Solo, 17 September 1982, itu memiliki konsep gagasan untuk membangun lini usaha bersama yang melibatkan pengusaha daerah lain di Soloraya.

Mereka bakal dirangkul untuk terlibat langsung membangun bisnis dengan memprioritaskan potensi unggulan agar tumbuh dan berkembang secara bersama. Gagasan konsorsium Soloraya itu tak lepas dari keterikatan antara Solo dengan enam kabupaten lain di Soloraya.

Genjot Sektor UMKM

“Kota Solo dengan daerah lain itu saling melengkapi. Masing-masing daerah memiliki potensi dan karakteristik bisnis yang bisa dioptimalkan lebih jauh. Baik perhotelan, wisata, dan infrastuktur. Khusus sektor UMKM akan digenjot untuk lebih berlari cepat dalam digitalisasi,” papar calon Ketua Kadin Solo itu.

Baca Juga: Kadin Solo Buka Pendaftaran Calon Ketua Baru, Ini Syarat dan Ketentuannya

Dia menyinggung terkait kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Solo yang dipimpin Wali Kota Gibran Rakabuming Raka. Ferry mengaku pernah beberapa kali bertemu dan berdiskusi ringan dengan Gibran. Mereka membahas ihwal tantangan bisnis dan pengembangan sektor usaha pada masa mendatang.

“Kebetulan, saat ini Wali Kota Solo dipimpin kalangan anak muda yang berani mengeksekusi proyek-proyek besar untuk mempercantik wajah kota. Ini bisa menjadi sparing partner bisnis yang ideal,” tutur dia.

Soal peluang menduduki kursi orang pertama di organisasi Kadin Solo, Ferry menjawab secara diplomatis. Pendaftaran dan pemilihan pengurus Kadin Solo periode 2022-2027 berjalan sesuai mekanisme organisasi.

Baca Juga: Tinggal 2 Hari, Bursa Pemilihan Ketua Kadin Solo Masih Nol Pendaftar

Namun, Ferry optimistis mampu berbicara banyak dalam kontestasi pemilihan Ketua Kadin Solo. Ferry bersaing ketat dengan dua pendaftar lainnya, yakni Farid Sunarto dan Maliyana Nur Wijayanti.

Berdasarkan undangan yang diterima Solopos.com, Kadin Solo akan menggelar Musyawarah Kota (Mukota) VII 2022 pada Rabu (16/11/2022) di Dalem Danar Hadi, Panularan, Laweyan, Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya