SOLOPOS.COM - Pengunjung berenang di Umbul Pluneng, Desa Pluneng, Kebonharjo, Sabtu (30/11/2013). (JIBI/Solopos/Shoqib Angriawan)

Solopos.com, KLATEN — Salah satu umbul di Kabupaten Klaten yang dikenal masyarakat luas, yakni Umbul Pluneng. Umbil ini berlokasi di Kecamatan Kebonarum.

Dilansir dari laman visitklaten.com, Senin (5/12/2022), sejarah dari penuturan orang tua di Desa Pluneng menyebutkan Pluneng ternyata berasal dari dua suku kata, yakni plu yang berarti nyemplung dan neng yang bermakna seneng.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Jika kedua suku kata itu digabung menjadi Pluneng. Dengan mandi atau berenang di Umbul Pluneng diharapkan pengunjung memiliki hati yang senang alias bahagia.

Di Desa Pluneng sendiri memiliki dua sumber mata air yang menjadi objek wisata, yakni pemandian Tirto Mulyono dan Tirto Mulyani. Dari dua umbul itu, umbul yang paling banyak dikunjungi wisatawan berada di Tirto Mulyono.

Kini, di Desa Pluneng dilengkapi juga waterpark. Waterpark Pluneng telah diresmikan Bupati Klaten, Sri Mulyani, Selasa (25/2/2020). Wahana baru itu pun langsung menyedot pengunjung.

Baca Juga: Kesegaran Umbul Manten di Balik Legenda Pengantin Hilang

Waterpark Pluneng berada di sebelah selatan Umbul Pluneng atau Tirta Mulyono Pluneng. Waterpark ini diproyeksikan dapat melengkapi kompleks Umbul Tirta Mulyono yang memiliki luas 1.400 meter persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya