SOLOPOS.COM - Konstruksi jembatan kaca atau scenic bridge di kawasan wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri belum dibuka untuk umum, Senin (4/3/2024). (Solopos/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, WONOGIRI — Objek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri sudah mulai siap menyambut kedatangan para pemudik Lebaran 2024. Pemerintah memproyeksikan puluhan ribu orang akan berkunjung ke objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM), Pantai Sembukan, hingga Museum Kars Indonesia.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Wonogiri, Haryanto, mengatakan jumlah pengunjung objek wisata diproyeksikan berkisar 5.000–10.000 orang per hari di objek wisata WGM selama momen libur Lebaran 2024.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Prediksi jumlah pengunjung sebanyak itu karena revitalisasi objek wisata andalan Wonogiri itu sudah rampung kendati fasilitas scenic bridge atau jembatan kaca belum bisa digunakan.

Pemerintah juga memperkirakan jumlah pemudik bisa pada Lebaran 2024 ini bakal mencapai puluhan bahkan bisa ratusan ribu orang. Potensi orang sebanyak itu akan ditangkap pengelola objek wisata dengan berbagai promosi dan penambahan fasilitas, sehingga para pemudik itu tertarik berkunjung.

“Kami sudah siapkan penambahan fasilitas di objek wisata WGM salah satunya dengan mempercantik tata ruang dan penambahan sumber daya manusia. Saat masa libur itu, kami akan undang kelompok-kelompok kesenian tradisional Wonogiri untuk menghibur pengunjung. Promosi via media sosial sudah mulai kami gencarkan,” kata Haryanto saat dihubungi Solopos.com, Jumat (22/3/2024).

Haryanto memperkirakan lonjakan jumlah pengunjung akan terjadi di objek wisata Pantai Sembukan dan Pantai Klotok, Paranggupito, Wonogiri. Revitalisasi kedua pantai ini yang menghabiskan anggaran senilai Rp10 miliar dinilai bakal mengundang banyak pengunjung dari Wonogiri maupun luar Wonogiri.

Target Pendapatan

Proyeksinya ada 5.000 pengunjung per hari di kawasan wisata pantai tersebut saat Lebaran nanti. ”Kami sudah pasang beberapa papan peringatan di pantai itu agar wisatawan tidak berenang terlalu ke tengah karena ombaknya besar. Tetapi area pantai sudah kami permak apik,” ujar dia.

Haryanto menyampaikan meski memprediksi ada ribuan pengunjung, Disporapar tidak menargetkan secara khusus pendapatan dari objek wisata itu saat momen Lebaran 2024 nanti. Hanya, tiket masuk di objek wisata yang dikelola pemerintah sudah naik per 2024 ini.

Kenaikan itu diharapkan akan memberikan pendapatan asli daerah dari sektor wisata dibandingkan tahun sebelumnya.

Catatan Solopos.com, pada momen libur Lebaran 2023, pendapatan objek wisata WGM Wonogiri mencapai Rp514,7 juta dengan tiket masuk yang terjual sebanyak 35.700 lembar. Angka ini turun 21,9% dibandingkan periode yang sama pada 2022.

“Tahun ini ada kenaikan harga tiket masuk di semua objek wisata yang dikelola kami. Kenaikan itu kami pikir masih terjangkau sehingga kami masih optimistis jumlah wisatawan tetap banyak,” katanya.

Berdasarkan Peraturan Daerah Wonogiri No 8/2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, harga tiket masuk (HTM) di objek wisata WGM pada hari biasa untuk anak senilai Rp9.500/tiket dan dewasa Rp14.500/tiket.

Harga Tiket

Kemudian saat hari Minggu atau libur, HTM objek wisata andalan Wonogiri itu naik menjadi Rp19.500/tiket bagi orang dewasa. Sedangkan untuk Lebaran, HTM objek wisata menjadi Rp24.500 untuk orang dewasa.

HTM di Pantai Sembukan baik anak-anak maupun dewasa sama yakni Rp9.500/tiket/orang saat hari biasa dan Rp14.500/tiket/orang saat hari libur/Minggu. HTM objek wisata Kawasan Museum Kars Indonesia di Pracimantoro ditetapkan Rp4.500/tiket bagi anak saat hari biasa dan Rp5.500/tiket saat hari Minggu atau libur.

Sedangkan untuk dewasa senilai Rp9.500/tiket baik hari biasa maupun hari libur. Sementara itu, pengamanan Lebaran 2024 sudah disiapkan aparat Polres Wonogiri.

Kepala Seksi Humas Polres Wonogiri, AKP Anom Prabowo, mengatakan Polres Wonogiri akan menggelar Operasi Ketupat Candi 2024 untuk pengamanan masa Lebaran di Wonogiri. Operasi ini bakal berlangsung selama 13 hari mulai 4 April 2024–16 April 2024.

Polres Wonogiri akan mendirikan satu pos terpadu di Terminal Giri Adipura Wonogiri, dua pos pelayanan di Giriwoyo dan Purwantoro, dan tiga pos pengamanan di Pasar Wonogiri, Pracimantoro, dan depan objek wisata WGM.

“Jalan depan objek wisata WGM ini yang perlu diwaspadai karena rawan kemacetan saat momen Lebaran. Biasanya banyak pengunjung di sana,” kata Anom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya