SOLOPOS.COM - Mini Coster di THR Sriwedari, Solo (Dok/JIBI/Solopos)

Mini Coster di THR Sriwedari, Solo (Dok/JIBI/Solopos)

Mini Coaster di THR Sriwedari, Solo (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah objek wisata di Solo mulai berbenah menyambut momen Lebaran.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Di Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari Solo, aktivitas mempercantik kawasan wisata mulai terlihat. Tidak hanya mengecat ulang wahana, perbaikan wahana permainan juga dilakukan agar wahana itu fit saat dipakai banyak pengunjung.

Asisten Show&Program THR Sriwedari Solo, Retnosari Ariani, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Selasa (30/7/2013), menyebutkan libur Lebaran tahun ini THR akan buka nonstop selama delapan hari, mulai Kamis (8/8), dari pukul 09.00 WIB hingga 23.00 WIB.  “Meski kami buka mulai 8 Agustus, tapi show musik sebagai hiburan bagi pengunjung baru kami mulai 9 Agustus,” kata Retnosari.

Pada Lebaran kali ini tidak ada wahana baru yang khusus di hadirkan saat Lebaran. Manajemen tetap menyediakan 16 wahana permainan, di tambah atraksi reog dan barongsai. Sementara, acara pada malam hari juga tetap sama seperti malam-malam reguler.  Selama libur Lebaran itu pihaknya menargetkan THR bisa dikunjungan 22.000 pengunjung atau rata-rata 2.500 pengunjung per hari.

Kepala UPTD Taman Balekambang, Endang Sri Murniyati, juga menyampaikan Taman Balekambang saat ini sudah bersolek menyambut Lebaran. Selain mempersiapkan event wisata bertema Bakdan Ing Balekambang yang digeber bersama pihak ketiga, persiapan infrastruktur dan fisik taman mulai dibenahi.

“Secara fisik sudah kami siapkan semua. Taman kami rapikan, open stage kami percantik, jalan paving yang tadinya rusak sudah kami benahi, sarana prasarana juga kami perbaiki. Taman reptil di Balekambang juga sudah siap dinikmati pengunjung,” papar Endang.

Anak-anak--menikmati wahana permainan di Taman Balekambang, Solo saat gelaran Bakdan Ing Balekambang tahun 2012. (Dok/JIBI/Solopos)

Salah satu wahana permainan di Taman Balekambang, Solo saat gelaran Bakdan Ing Balekambang tahun 2012. (Dok/JIBI/Solopos)

Taman Balekambang  yang akan menerapkan tarif masuk  Rp6.000 per pengunjung khusus untuk momen Lebaran ini membidik 30.000 pengunjung, mulai 8-18 Agustus.  “Mudah-mudahan bisa tercapai. Karena di hari-hari biasa yang digratiskan, kalau tidak ada event juga sepi. 3.000 pengunjung per hari bisa diraih itu kalau ada event.”

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Widdie Srihanto, menambahkan mulai Lebaran tahun ini pihaknya siap menghitung potensi wisatawan yang datang ke Solo. Selain melalui laporan okupansi hotel berbintang, juga dari objek-objek wisata.  Dia mengatakan, objek wisata unggulan Kota Solo seperti Taman Balekambang, THR Sriwedari dan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) sudah mempersiapkan berbagai event yang digarap pengelola wisata setempat untuk menarik tamu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya