SOLOPOS.COM - Objek wisata Kolam Renang Kartika yang terletak di Jl. Veteran, Kelurahan Kroyo, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen, pada Kamis (20/4/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SRAGEN — Sejumlah objek wisata di Kabupaten Sragen siap menyambut wisatawan, terutama pemudik pada momen libur Lebaran kali ini. Selama Lebaran objek wisata di Bumi Sukowati tetap buka, hanya Museum Manusia Purba Sangiran yang tutup selama sehari pada Sabtu (22/4/2023).

Hal tersebut diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Sragen, Sutrisna, saat dihubungi Solopos.com, Kamis (20/4/2023).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Semua buka kecuali Sangiran tutup sehari pada Sabtu 22 April 2023, karena kebijakan dari BPSMP [Balai Pelestarian Situs Manusia Purba] semua museum tutup untuk memberikan kesempatan para karyawan merayakan Idulfitri dan silaturahmi dengan keluarga,” terang Sutrisna.

Sutrisna mengaku pihaknya terus berbenah untuk menyambut wisatawan, terutama pemudik untuk memanfaatkan momen Lebaran ini. Ia juga berharap warga lokal Sragen tidak perlu jauh-jauh liburan ke luar kota, cukup di Kabupaten Sragen.

“Harapannya masyarakat yang mudik tidak usah jauh-jauh pergi healing ke luar kota, di Sragen saja kami punya objek wisata yg lebih menarik,” ujar Sutrisna.

Objek wisata di Kabupaten Sragen tersebut meliputi, wisata keluarga dan religi Gunung Kemukus di Kecamatan Sambungmacan, pemandingan air panas Bayanan di Kecamatan Sambirejo, Kolam Renang Kartika di Kecamatan Sragen, Museum Manusia Purba Sangiran di Kecamatan Kalijambe, dan objek wisata yang dikelola oleh pemerintah desa setempat lainnya.

Kepala BPSMP Sangiran, Iskandar Mulia Sireger, mengatakan Museum Sangiran hanya tutup saat 1 Syawal. Sedangkan dalam menyambut momentum libur Lebaran 2023, objek wisata Sendang Kun Gerit di Desa Jatibatur, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen, bakal dilengkapi wahana all terrain vehicle (ATV) Land.

Pengunjung bisa menikmati sirkuit ATV dan mini trail yang akan disiapkan oleh pengelola objek wisata tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Jatibatur, Sugiman.

Sirkuit ATV tersebut tengah dibangun di sebelah timur kolam. Objek wisata yang menawarkan sensasi berenang di mata air alami ini telah dibuka sejak Agustus 2022. Liburan Natal dan Tahun Baru 2023 lalu membawa berkah bagi pengelola objek wisata dan warga setempat karena membeludaknya pengunjung yang singgah ke sana. Selain wahana ATV yang akan dipersiapkan, Sendang Kun Gerit juga dilengkapi fitness outdoor untuk anak-anak, gazebo, saung, serta kamar mandi anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya